Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 12:58 WIB | Minggu, 31 Maret 2024

Radio Free Asia di Hong Kong Ditutup Karena Masalah UU Keamanan

Pemandangan umum cakrawala Hong Kong dari distrik Kowloon, Hong Kong pada 2 Februari 2023. (Foto: AFP)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Radio Free Asia (RFA) yang didanai Amerika Serikat mengatakan pada hari Jumat (29/3) bahwa mereka telah menutup bironya di Hong Kong dengan alasan kekhawatiran atas keselamatan staf setelah diberlakukannya undang-undang keamanan nasional baru yang dikenal sebagai Pasal 23 di kota yang dikuasai China.

“Tindakan yang dilakukan otoritas Hong Kong, termasuk menyebut RFA sebagai ‘kekuatan asing’, menimbulkan pertanyaan serius tentang kemampuan kami untuk beroperasi secara aman dengan berlakunya Pasal 23,” kata Bay Fang, presidennya dalam sebuah pernyataan.

Undang-undang tersebut mulai berlaku pada tanggal 23 Maret setelah disahkan dengan suara bulat oleh badan legislatif Hong Kong yang pro Beijing, dan memperbarui undang-undang keamanan nasional yang lebih luas yang diberlakukan China pada tahun 2020.

Undang-undang ini akan memberikan hukuman yang lebih berat mulai dari beberapa tahun hingga seumur hidup untuk kejahatan termasuk pengkhianatan, penghasutan, rahasia negara, spionase, dan campur tangan eksternal.

Kritikus seperti pemerintah AS mengatakan undang-undang tersebut memberikan wewenang yang lebih luas kepada pihak berwenang untuk menekan perbedaan pendapat. Beijing mengatakan undang-undang tersebut diperlukan untuk memulihkan ketertiban di pusat keuangan tersebut setelah protes massal pro demokrasi pada tahun 2019.

Penutupan biro RFA dan pemecatan staf penuh waktu merupakan tanda terkikisnya kebebasan media di Hong Kong, kata para kritikus, dan mencerminkan kekhawatiran di antara beberapa perusahaan dan entitas yang memiliki hubungan dengan pemerintah asing bahwa mereka mungkin rentan berdasarkan undang-undang baru tersebut.

(RFA) adalah “di antara organisasi berita independen terakhir yang melaporkan peristiwa yang terjadi di Hong Kong dalam bahasa Kanton dan Mandarin,” tambah Fang dari RFA.

Dalam beberapa tahun terakhir, media liberal Hong Kong seperti surat kabar Apple Daily, Stand News, dan Citizens’ Radio terpaksa ditutup karena tekanan dari pihak berwenang.

Penerbit Apple Daily dan pendukung pro demokrasi Jimmy Lai, 76 tahun, kini diadili karena diduga membahayakan keamanan nasional dan menerbitkan materi yang menghasut – sebuah kasus penting yang bisa membuatnya dipenjara seumur hidup.

Pemerintah Hong Kong mengatakan dalam tanggapan melalui email kepada Reuters bahwa mereka tidak akan mengomentari keputusan RFA, namun “mengecam semua pernyataan yang bersifat menakut-nakuti dan mencemarkan nama baik.”

“Mengkhususkan Hong Kong dan menyatakan bahwa jurnalis hanya akan mengalami kekhawatiran ketika beroperasi di sini, namun tidak di negara lain, akan sangat bias, atau bahkan keterlaluan,” tambahnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, pihak berwenang Hong Kong telah mengeluarkan pernyataan yang mengkritik beberapa media internasional termasuk BBC atas pemberitaan mereka mengenai undang-undang keamanan baru tersebut, sambil menekankan bahwa mereka terus menghormati kebebasan media.

Kelompok hak asasi media Reporters Without Borders (RSF) menempatkan Hong Kong pada peringkat 140 dari 180 dalam indeks kebebasan media global tahunannya pada tahun 2023, turun dari peringkat 73 sebelum undang-undang keamanan tahun 2020.

Pada bulan Januari, polisi Hong Kong mengkritik RFA atas wawancaranya dengan seorang aktivis di pengasingan, Ted Hui, dengan mengatakan bahwa RFA seharusnya tidak memberikan landasan bagi Hui untuk memfitnah polisi.

RFA telah mengoperasikan bironya di Hong Kong sejak tahun 1996, setahun sebelum bekas jajahan Inggris itu kembali ke pemerintahan China. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home