Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 08:35 WIB | Senin, 29 Desember 2014

Siswa Madrasah Ukir Prestasi Internasional

Tim robotik MTsN Pamulang, Tangerang Selatan, yang menggondol sejumlah medali dan penghargaan dalam International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) di Johor, Malaysia, 23-26 Desember 2014. (Foto: kemenag.go.id)

JOHOR, SATUHARAPAN.COM – Tim robotik MTsN Pamulang, Tangerang Selatan, menggondol sejumlah medali dan penghargaan dalam International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) di Johor, Malaysia, 23-26 Desember 2014.

Kepala MTsN Pamulang Suhadi memaparkan madrasahnya mengirimkan delapan siswa yang terbagi ke dalam beberapa tim. Tim MTsN Pamulang mendapatkan medali emas Kategori Aerial Robot yang diraih Tim Respati dan Fachri, dua medali perak dari Kategori Aerial diraih Tim Gelantung Wafi dan Sura Famdhi dan Kategori Line Tracer diraih Tim Gelantung Wafi dan Daffa Maheswara, medali perunggu untuk Kategori Low Cost Robot yang diraih Tajul Bintang dan Fachri, serta dua Special Award (Harapan III) Kategori Aerial diraih oleh dua tim yakni Tim Tajul Bintang-Selo Bayu dan Tim Emil Faiz -Daffa Maheswara.

Kegiatan itu diselenggarakan atas kerja sama Institut Teknologi Surabaya dengan Maktab Rendah Sain Mara (MRSM), yakni sekolah unggulan di Johor Baru Malaysia. Lomba diikuti sekolah-sekolah dari  negara-negara Islam di seluruh dunia, termasuk Mesir, selain Indonesia dan Malaysia.

“Kriteria lomba ini mencakup kreativitas, inovasi, orisinalitas ide, fungsi praktis, dan kemungkinan untuk bisa diterapkan di masa depan. Selain itu, dalam beberapa kategori, penilaian juga didasarkan pada kecepatan dan rendahnya biaya,” Suhadi menjelaskan, Minggu (28/12).

Prestasi itu dapat diraih berkat bakat siswa-siswi MTsN Pamulang di bidang robotik diwadahi dalam ekskul robotik yang dibentuk kurang lebih satu tahun lalu. Pembinaan dilakukan seminggu sekali setiap Sabtu.

Menjelang lomba selama kurang lebih satu bulan siswa dibina secara intensif. Mereka juga diikutkan pada lomba-lomba tingkat provinsi maupun nasional. “Alhamdulilah, sebelum berangkat ke Malaysia anak-anak meraih gelar juara 1 lomba robotik tingkat nasional yang diadakan di Alam Sutera Serpong untuk tingkat SMP/MTs,” kata Kepala MTsN Pamulang. (kemenag.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home