Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 09:20 WIB | Senin, 29 Desember 2014

Olimpiade X Geografi Nasional 2015 di UGM

Kampus Fakultas Geografi UGM. (Foto: geors2012.geo.ugm.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Fakultas Geografi (FGE) Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Geografi (BEMFGE) menyelenggarakan Olimpiade X Geografi Nasional 2015.

Olimpiade Geografi Nasional tersebut digelar 26 – 30 Januari 2015 di Fakultas Geografi UGM, dengan mengusung tema utama “Kontribusi Geografi dalam Pengelolaan Sumber Daya Indonesia Menyongsong Agenda Pasca 2015: Sustainable Development Goals”.

Olimpiade X Geografi Nasional, seperti dilansir ugm.ac.id, memiliki dua rangkaian kegiatan utama yang terdiri atas Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA (28 - 30 Januari 2015) dan Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMP (26 - 27 Januari 2015), yang pendaftaran sudah dilakukan sejak awal November - 13 Desember lalu. Olimpiade itu memperebutkan Trofi Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah RI serta Beasiswa Program S1 Fakultas Geografi UGM.

Selain itu, terdapat pula rangkaian kegiatan pendukung terdiri atas seminar nasional pada 28 Januari, workshop geografi 26 - 29 Januari, musyawarah guru mata pelajaran untuk guru geografi, kuliah umum geografi, dan pameran dengan tema “Wasted Management as a Way for Sustainable Environment” 26 - 30 Januari.

Akan ditampilkan bahan-bahan edukasi pemanfaatan limbah untuk kelestarian lingkungan, seperti berbagai barang olahan limbah yang menarik dan berguna, serta pameran buku karya dosen FGE UGM. Panitia pelaksana juga akan menghadirkan pusat studi dan instansi/lembaga/organisasi yang berkaitan dengan penerapan ilmu geografi.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya generasi muda terhadap peranan ilmu geografi dalam segala hal yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan bangsa Indonesia yang didasarkan pada kondisi geografis dan potensi tiap daerahnya.

Rangkaian kegiatan itu diharapkan menjadi wadah bagi siswa-siswa untuk berkompetisi dalam bidang ilmu geografi sebagai wahana dalam mencetak kader bangsa di masa depan yang memiliki kapasitas intelektual tinggi.

Pada tahun keemasan pelaksanaannya, Olimpiade X Geografi Nasional 2015 didesain dengan berorientasi pada peningkatan daya saing kompetensi siswa yang mencakup aspek kognitif, psikomotorik dan afektif, mengingat ketiga parameter itu yang dijadikan sebagai tolok ukur kesuksesan pembelajaran, mengingat tiap siswa dilatih untuk menghadapipersaingan global.

Segala informasi yang lebih mendetail terkait dengan pelaksanaan kegiatan Olimpiade Geografi Nasional tahun 2015 dapat di akses melalui www.olgenas.geo.ugm.ac.id/2015.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home