Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:22 WIB | Selasa, 28 Maret 2023

Skotlandia Untuk Pertama Kali Dipimpin Seorang Muslim

Pemimpin Partai Nasional Skotlandia (SNP) yang baru diangkat, Humza Yousaf, berbicara setelah pengumuman hasil pemilihan Pimpinan SNP di Stadion Murrayfield di Edinburgh pada 27 Maret 2023. (Foto: AFP)

EDINBURGH, SATUHARAPAN.COM-Partai yang memerintah Skotlandia memilih Humza Yousaf sebagai pemimpin barunya pada hari Senin (27/3), menjadikannya orang kulit berwarna dan Muslim pertama yang memimpin negara berpenduduk 5,5 juta orang itu.

Yousaf mengalahkan saingannya, Kate Forbes, setelah kontes lima pekan yang mengungkap keretakan yang dalam di dalam Partai Nasional Skotlandia yang pro kemerdekaan saat menghadapi jalan buntu dalam upayanya untuk membawa Skotlandia keluar dari Inggris.

Putra imigran Asia Selatan kelahiran Glasgow berusia 37 tahun itu akan dikukuhkan sebagai menteri pertama selama sesi parlemen Skotlandia di Edinburgh pada hari Selasa (28/3).

Yousaf, yang saat ini menjadi menteri kesehatan Skotlandia, mengalahkan dua anggota parlemen Skotlandia lainnya dalam kontes untuk menggantikan Menteri Pertama Nicola Sturgeon. Dia tiba-tiba mengundurkan diri bulan lalu setelah delapan tahun sebagai pemimpin partai dan pemerintah semi-otonom Skotlandia.

Anggota SNP memilih Yousaf daripada menteri keuangan Skotlandia Forbes dengan selisih 52% - 48%, setelah kandidat urutan ketiga Ash Regan tersingkir dalam pemungutan suara pertama. Jumlah pemilih di antara 72.000 anggota adalah 70%.

Yousaf menghadapi tantangan untuk menyatukan SNP dan menghidupkan kembali kampanye kemerdekaan yang terhenti.

"Sama seperti saya akan memimpin SNP untuk kepentingan semua anggota partai, bukan hanya mereka yang memilih saya, jadi saya akan memimpin Skotlandia untuk kepentingan semua warga negara kami, apa pun kesetiaan politik Anda," katanya dalam pidato penerimaan di satdion rugby Edinburgh, Murrayfield.

Yousaf memberikan penghormatan kepada mendiang kakek neneknya, yang beremigrasi dari Punjab ke Glasgow lebih dari 60 tahun lalu. “Mereka tidak dapat membayangkan, dalam mimpi terliar mereka, bahwa dua generasi kemudian cucu mereka suatu hari akan menjadi menteri pertama Skotlandia,” katanya.

“Kita semua harus bangga dengan kenyataan bahwa hari ini kita telah mengirimkan pesan yang jelas: bahwa warna kulit Anda, keyakinan Anda, bukanlah penghalang untuk memimpin negara yang kita sebut rumah ini.”

Yousaf secara luas dipandang sebagai kandidat "sturgeon kontinuitas" yang memiliki pandangan sosial liberal pemimpin yang keluar.

Seorang pemimpin tangguh yang memimpin SNP ke posisi dominan dalam politik Skotlandia, Sturgeon gagal dalam tujuannya membawa Skotlandia keluar dari Inggris dan membagi partai dengan undang-undang hak transjender yang kontroversial.

Tiga kandidat penggantinya berbagi tujuan kemerdekaan, tetapi berbeda dalam visi ekonomi dan sosial mereka untuk Skotlandia.

Forbes, 32 tahun, adalah seorang Kristen evangelis yang telah dikritik karena mengatakan bahwa keyakinannya akan mencegahnya memilih untuk mengizinkan pasangan sesama jenis untuk menikah, seandainya dia menjadi anggota parlemen ketika Skotlandia melegalkan pernikahan gay pada tahun 2014.

Baik Forbes dan Regan yang berusia 49 tahun menentang undang-undang yang diperjuangkan oleh Sturgeon untuk memudahkan orang di Skotlandia mengubah jenis kelamin mereka secara legal.

RUU pengakuan jender dipuji sebagai undang-undang penting oleh aktivis hak transgender, tetapi mendapat tentangan dari beberapa anggota SNP yang mengatakan RUU itu mengabaikan kebutuhan untuk melindungi ruang satu jenis kelamin bagi perempuan, seperti tempat penampungan kekerasan dalam rumah tangga dan pusat krisis pemerkosaan.

Yousaf telah berjanji untuk mendorong RUU tersebut, yang telah disahkan oleh parlemen Skotlandia tetapi diblokir oleh pemerintah Inggris.

SNP memegang 64 dari 129 kursi di parlemen Skotlandia dan memerintah dalam koalisi dengan Partai Hijau yang jauh lebih kecil. Partai yang lebih kecil telah memperingatkan bahwa mereka mungkin keluar dari koalisi jika SNP memilih seorang pemimpin yang tidak berbagi pandangan progresifnya, yang berarti kemenangan oleh Forbes atau Regan dapat memecah belah pemerintah.

Perpecahan itu telah dihindari, tetapi kampanye pro kemerdekaan tetap terpaut. Pemilih Skotlandia mendukung tetap tinggal di Inggris dalam referendum 2014 yang disebut sebagai keputusan sekali dalam satu generasi. SNP menginginkan pemungutan suara baru, tetapi pemerintah pusat di London telah menolak untuk mengesahkannya, dan Mahkamah Agung Inggris telah memutuskan bahwa Skotlandia tidak dapat mengadakan pemungutan suara tanpa persetujuan London.

Yousaf mengatakan dia akan meminta otorisasi pemerintah Konservatif di London untuk mengadakan referendum baru. Kantor Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, mengatakan jawabannya tetap tidak.

Yousaf juga mengatakan dia ingin membangun mayoritas yang “mapan, berkelanjutan” untuk kemerdekaan. Jajak pendapat saat ini menunjukkan pemilih Skotlandia terbagi rata tentang masalah ini.

“Kepada mereka di Skotlandia yang belum memiliki hasrat yang saya lakukan untuk kemerdekaan, saya akan berusaha untuk mendapatkan kepercayaan Anda dengan terus memerintah dengan baik,” kata Yousaf. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home