Loading...
SAINS
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 10:37 WIB | Jumat, 20 September 2019

Skuad Star Wars akan Meriahkan Festival Bregada Nusantara 2019

Skuad Star Wars akan Meriahkan Festival Bregada Nusantara 2019
Ilustrasi. Poster Festival Bregada Nusantara (FBN) 2019. (Foto: Official Dok. FBN 2019)
Skuad Star Wars akan Meriahkan Festival Bregada Nusantara 2019
Dari kiri ke kanan : R Heru Adi Prasetyanta, KPH Notonegoro (berkacamata), Ketua KBA Padmanaba Hendri Saparini, dan Ketua pelaksana FBN 2019 Ganang Adji saat memberikan penjelasan pada jumpa media di Sky lounge Neo Hotel Yogyakarta, Kamis (19/9) siang. (Foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Memperingati ulang tahunnya yang ke-77 pada tanggal 19 September 2019, Keluarga Besar Alumni (KBA) SMAN 3 “Padmanaba” Yogyakarta menggelar serangkaian acara, salah satu di antaranya Festival Bregada Nusantara (FBN) 2019.

Bertempat di Sky lounge Neo Hotel Yogyakarta, Kamis (19/9) siang, digelar jumpa pers Festival Bregada Nusantara (FBN) 2019. Jumpa pers menghadirkan R Heru Adi Prasetyanta (guru SMAN 3 Yogyakarta), Hendri Saparini (Ketua KBA Padmanaba), KPH Notonegoro (alumnus SMAN 3 Yogyakarta), dan Ketua pelaksana FBN 2019 Ganang Adji.

Mengusung tema Milenial Meet Traditional, FBN 2019 yang digelar pada Minggu (22/9) diharapkan dapat mendorong generasi milenial untuk mempelajari kembali budaya tradisional yang saat ini sudah banyak ditinggalkan.

"Kami berharap ini akan menjadi event tahunan yang menarik tidak saja bagi anak muda, tapi juga bagi wisatawan asing dan dalam negeri. Apalagi yang menjadi bregada ini adalah anak-anak SMA, millennial," papar Hendri Saparini saat jumpa pers, Kamis (19/9).

FBN 2019 melibatkan bregada SMA/K sebagai peserta lomba, bregada desa wisata, bregada alumni, serta bregada corporate, serta bregada kerajaan/wakil daerah nusantara di antaranya Bregada Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kasultanan Cirebon, dan Baluwarti Surakarta.

Kontingen Festival Bregada Nusantara 2019 akan diberangkatkan pada pukul 07.00 WIB hari Minggu (22/9). Secara keseluruhan akan ada 28 kontingen yang akan terlibat dalam festival ini. Dari jumlah tersebut, 15 kontingen merupakan pelajar SMA/K se-DIY.

FBN 2019 akan dimeriahkan barisan Anglosita Brass sebagai pengiring musik Bregada Siswa dan Bregada Guru Padmanaba.

"Untuk bregada dari pelajar ini yang akan kita kompetisikan," Hendri Saparini menambahkan.

Kompetisi bregada SMA/K dalam FBN 2019 akan memperlombakan bregada dari SMA/K dari wilayah Yogyakarta memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Menteri Pariwisata RI, dan Sri Sultan Hamengku Buwana X. Kontingen bregada yang masing-masing terdiri atasi 30 pelajar dengan iringan musik akan melakukan kirab di sepanjang Jalan Malioboro dimulai dari Jalan Abu Bakar Ali dan finish di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta yang rencananya akan disambut oleh Sri Sultan Hamengku Buwana X.

Penilaian lomba meliputi kreativitas gerak, barisan, atraksi, musik pengiring, serta kostum yang dikenakan bregada.

"Akan ada bregada unik seperti Imperial Army dari cerita Star Wars, hingga edan-edanan. Untuk barisan bregada unik merupakan hasil proses kreatif generasi milenial," kata Ketua Panitia Ganang Adji.

Selain kirab FBN 2019 di sepanjang Jalan Malioboro, di lokasi finish yang berada di Alun-alun Utara Yogyakarta panitia menyediakan booth kuliner dan merchandise, panggung hiburan yang akan menghadirkan bintang tamu Jogja Hiphop Foundation, serta photobooth yang bisa diakses seluruh pengunjung.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home