Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 23:55 WIB | Jumat, 26 Juli 2013

Snowden Janji Tak Bocorkan Informasi Lagi Asalkan Dapat Suaka Sementara di Rusia

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Buronan intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, akan  berhenti membocorkan informasi keamanan  AS jika dia diberikan suaka sementara di Rusia. Demikian dikatakan juru bicara Presiden Rusia,Vladimir Putin, Jumat (26/7).

Putin menyatakan niatnya untuk tidak membiarkan kekacauan lebih lanjut  bagi kepentingan Amerika akibat pembocoran informasi oleh Snowden, kata juru bicara itu, Dmitry Peskov.

Ketika ditanya apakah Snowden telah berjanji untuk menghentikan membocorkan informasi  ketika mengajukan permohonan suaka pada Rusia? "Saya tidak ragu tentang hal itu akan dilakukan, apapun situasi yang berkembang,” kata dia.

Dikatakan bahwa Putin tidak ikut dalam diskusi dengan AS selama ini berkaitan kasus Snowden. Namun demikian, para kepala Dinas Keamanan Federal Rusia dan Amerika Serikat (FBI) membahas masalah Snowden, ia menambahkan.

Snowden dicari pemerintah AS karena membocorkan data rahasia tentang program pengawasan Badan Keamanan Nasional AS. Dia secara resmi meminta suaka sementara di Rusia pada 16 Juli. Dia telah bersembunyi di zona transit Bandara Sheremetyevo sejak tiba di sana pada penerbangan dari Hong Kong pada 23 Juni.

Washington telah berulang kali menyerukan Moskow untuk menolak permintaan suaka oleh  Snowden, dan meminta mengirimnya kembali ke AS untuk diadili atas tuduhan spionase dan pencurian. (ria.ru)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home