Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:36 WIB | Selasa, 23 Juli 2013

Snowden Memenangi Whistleblower Awards di Jerman

Edward Snowden (Foto: istimewa)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Buronan intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, mendapatkan penghargaan sebagai Whistleblower tahun 2013 oleh organisasi hak asasi manusia di Jerman.

Lembaga Transparency International, cabang Jerman mengatakan hal itu dalam sebuah pernyataan. "Pemenang tahun ini  untuk Whistleblower Award adalah Edward Snowden," kata pernyataan yang dimuat di situs TI Jerman pada hari Senin (22/7).

Lembaga yang memberikan penghargaan ini didirikan pada tahun 1999, dan disponsori oleh Asosiasi Ilmuwan Jerman (VDW) dan  Asosiasi Internasional Pengacara Melawan Senjata Nuklir, cabang Jerman (IALANA).

Seorang juru bicara mengatakan bahwa uang penghargaan sebesar € 3.000 (sekitar Rp 36 juta), akan diberikan kepada Snowden melalui wakilnya, baik pengacara atau organisasi yang “bersahabat”.

Snowden seorang kontraktor pada Badan Keamanan Nasional AS menghadapi tuntutan di negara itu karena melarikan diri dan membocorkan data yang diklasifikasikan sangat sensitif tentang kegiatan penyadapan oleh  Badan  tersebut.

Dia diberitakan ada di Moskow, di sebuah ruang transit di bandar udara di sana sejak 23 Juni setelah  terbang dari Hong Kong. Snowden pekan lalu mengajukan permohonan suaka sementara kepada pemerintah Rusia dan sampai sekarang masih menunggu jawaban.

Pihak AS telah berulang kali menyerukan Moskow untuk menolak permintaan suaka bagi Snowden dan meminta mengirimkan dia kembali ke AS untuk diadili atas tuduhan spionase dan pencurian.(ria.ru)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home