Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 17:12 WIB | Senin, 20 Juni 2016

Solar Impulse 2 Lanjutkan Perjalanan Lintasi Atlantik

Bertrand Piccard (kiri) dan Andre Borschberg, bergantian mengemudikan Solar Impulse 2 dalam misi penerbangan keliling dunia tanpa bahan bakar minyak untuk mengkampanyekan energi bersih. (Foto: ecogypsy.net)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2 lepas landas dari Bandara John F Kennedy (JFK) di New York pada Senin pagi (20/6) untuk menyeberangi Samudra Atlantik sebagai bagian dari penerbangan mengelilingi dunia, untuk mempromosikan energi terbarukan.

Pesawat diterbangkan oleh petualang Swiss dan ahli fisika Bertrand Piccard dan penerbangan diprediksi akan berlangsung selama sekitar 90 jam sebelum mendarat di Bandara Seville, Spanyol.

“Ini merupakan kali pertama saya lepas landas dari JFK,” ujar Piccard melalui layanan streaming langsung dari pesawat saat ia lepas landas sekitar pukul 2.30 waktu setempat.

Solar Impulse 2 memiliki bobot tidak lebih dari bobot mobil, namun memiliki lebar sayap seukuran sayap Boeing 747.

Dalam penjelajahan mengelilingi dunia sejauh 35.000 kilometer tersebut, pesawat secara bergantian diterbangkan oleh Piccard dan wirausahawan yang juga petualang Swiss, Andre Borschberg.

Piccard menerbangkan Solar Impulse 2 untuk tahap ke-15 penjelajahan dunia yang dimulai pada Maret 2015 di Abu Dhabi, dan telah mengelilingi Asia dan Pasifik sebelum tiba di Amerika Serikat dengan sumber energi dari sinar matahari.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home