Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 03:42 WIB | Minggu, 30 Juni 2013

Spesies Burung Baru Ditemukan di Kota Phnom Penh

Burung penjahit (tailorbird), jenis baru yang ditemukan di Phnom Penh. (Foto: dari bbc.co.uk)

PHNOM PENH, SATUHARAPAN.COM - Satu spesies burung yang benar-benar baru  telah ditemukan para ilmuwan yang selama ini keberadaannya disebutkan sebagai “tersembunyi di depan mata” di kota utama Kamboja, Phnom Penh.

Kamboja tailorbird demikian nama spesies burung itu yang nama ilmiahnya Orthotomus chaktomuk. Spesies ini pertama kali ditemukan pada tahun 2009 berkaitan dengan penyelidikan secara rutin untuk kasus flu burung.

Spesimen  yang ditemukan di kawasan kota  itu diketahui sebagai spesies yang berbeda dari tailorbird serupa. Dan Temuan ini diberitakan dalam Forktail, sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Oriental Bird Club.

Tailorbirds masuk dalam keluarga warbler, dan mendapatkan nama demikian (burung penjahit) karena ketelitiannya dalam membuat sarang, yaitu menjalin dengan cara mirip menjahit daun-daun menjadi kesatuan untuk sarang.

Serangkaian tes dan hasil yang rinci, termasuk deskripsi tentang bulu, dan suara, serta gen burung ini menunjukkan bahwa O. Chaktomuk adalah spesies baru. Peristiwa ini sangat jarang terjadi di mana spesies  baru di temukan di kawasan yang banyak dihuni manusia, bahkan di perkotaan. Anggota Dewan Oriental Bird Club, Richard Thomas mengatakan bahwa  pada awal tahun ini dia melihat burung ini di kawasan yang sedang dilakukan konstruksi bangunan jalan.

Penemuan ini menunjukkan bahwa burung spesies baru masih dapat ditemukan di kawasan yang selama ini dekat dengan manusia dan di tempat yang tak terduga. Karena habitatnya yang menyusut dan populasinya diperkirakan sangat sedikit, para peneliti merekomendasikan jenis burung ini masuk dalam daftar “hampir terancam punah”. (bbc.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home