Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 02:52 WIB | Minggu, 12 Januari 2014

Spesies Udang yang Baru Ditemukan Dinamai Mandela

Squat lobster Munidopsis mandelai ditemukan hidup 750 meter di bawah permukaan laut dan hanya berukuran tujuh milimeter. (Foto: dari alarabiya.net)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Satu spesies baru dari keluarga Crustacea, yang ditemukan pada tahun 2011 di lepas pantai Afrika Selatan, sudah diidentifikasi dan diberi nama mandela untuk menghormati Nelson Mandela.

Squat lobster (sejenis udang bongkok) spesies baaru itu sekarang memiliki nama latin Munidopsis mandelai untuk menghormati pemimpin Afrika Selatan yang meninggal pada bulan Desember.

Makhluk laut ini ditemukan di daerah yang relatif belum dijelajahi di wilayah Samudra Hindia Barat Daya oleh seorang mahasiswa program pasca Sarjana dari Natural History Museum di London.

Squat lobster ditemukan hidup di kedalaman 750 meter di bawah permukaan laut dan berukuran panjang tubuhnya hanya tujuh milimeter dari mata hingga ujung belakangnya.

"Kami menemukan spesies baru secara tak sengaja dalam projek penelitian yang lebih besar untuk menyelidiki kayu dan tulang yang terendam di gunung bawah laut Samudera Hindia Barat Daya, daerah yang belum pernah dijelajahi," kata mahasiswa program PhD, Diva Amon.

"Temuan ini memberikan kita contoh lain tentang bagaimana penelitian laut-dalam terus mengungkap misteri ekosistem bawah laut," kata dia.

Temuannya lalu dia kirim ke Dr Paul Clark dari Natural History Museum London dan Dr Enrique Macpherson, Centro de Estudios Avanzados de Blanes di Spanyol, untuk diidentifikasi.

Dr Paul Clark mengatakan, "Spesies ini diambil dari kedalaman laut di daerah terpencil hanya di wilayah Afrika Selatan dan diidentifikasi pada musim panas 2013, membuktikan bahwa penelitian laut dalam terus menghasilkan temuan-temuan ilmiah baru."

"Kami pikir ini akan menjadi langkah yang tepat dalam memberi nama penemuan ini untuk menghormati Mandela, seorang pria yang luar biasa." (Alarabiya)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home