Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 06:34 WIB | Rabu, 18 Desember 2013

Sudan Selatan Mematahkan Percobaan Kudeta, kata Presiden Kiir

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir. (Foto: AFP)

JUBA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Sudan Selatan Salva Kiir mengatakan upaya kudeta oleh tentara yang setia kepada mantan wakil Presiden, Riek Machar telah dipatahkan, Senin (16/12).

Kiir mengatakan pemerintah memegang kendali penuh ibukota, Juba, setelah malam pertempuran sengit di antara tentara pasukan pengaman presiden.

Jam malam telah diberlakukan dan sejumlah orang dilaporkan ditangkap.

Beberapa orang dilaporkan terluka dan ratusan telah melarikan diri ke pangkalan Amerika Serikat.

Hilde Johnson, wakil khusus PBB di negara itu, mengatakan dia “sangat prihatin” dan mendesak “semua pihak dalam pertempuran untuk menghentikan permusuhan segera dan menahan diri”.

“Saya telah berhubungan secara teratur dengan para pemimpin kunci, termasuk pada tingkat tertinggi untuk menyerukan kedamaian,” katanya.

Pertempuran di Juba pecah Minggu malam (15/12), dan intensif di pagi hari, dengan laporan tembakan terus menerus dan beberapa ledakan.

Bandara kota telah ditutup dan saluran TV negara SSTV sempat berhenti mengudara selama beberapa jam.

Tak lama setelah itu kembali mengudara, SSTV menyiarkan siaran pers yang menampilkan Kiir, mengenakan seragam militer dan diapit oleh pejabat pemerintah.

Dia mengatakan kekerasan tersebut “adalah upaya kudeta”, tetapi bahwa pemerintah sekarang dalam kontrol penuh dan penyerang sedang dikejar.

Ia mengatakan pertempuran itu dimulai ketika personel berseragam tak dikenal melepaskan tembakan pada pertemuan SPLM, diikuti dengan serangan terhadap markas militer di dekat universitas dilakukan “oleh sekelompok tentara yang bersekutu dengan mantan wakil presiden Dr Riek Machar dan kelompoknya”.

“Saya tidak akan membiarkan atau menolerir insiden tersebut sekali lagi di negara baru kami. Saya sangat mengecam tindakan kriminal ini,” katanya, bersumpah mereka yang bertanggung jawab akan berhadapan dengan “lembaga hukum”.

Partai yang berkuasa—bekas pasukan pemberontak Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan (SPLM)—tidak akan pernah membiarkan perpindahan kekuasaan dilakukan dengan kekerasan, katanya.

Dia mengumumkan jam malam akan berada di tempat setiap malam 18:00-6:00, dimulai pada Senin.

“Yakinlah bahwa pemerintah melakukan semua yang bisa untuk memastikan bahwa warga negara dijamin dan aman.”

Menteri Luar Negeri Barnaba Marial Benjamin mengatakan kepada Associated Press bahwa beberapa prajurit telah berusaha menyerang toko senjata di militer utama yang berbasis di ibukota, tetapi dipukul mundur.

Dia mengatakan beberapa politikus yang sejak ditangkap.

Mantan Wakil Presiden Riek belum berkomentar dan keberadaannya tidak jelas. Tapi juru bicaranya mengatakan dia aman dan membantah laporan ia telah ditangkap.

Sipil Mengungsi

Sudan Selatan—negara termuda di dunia dan salah satu yang paling miskin—telah berjuang untuk mencapai pemerintahan yang stabil sejak menjadi berpisah dari Sudan pada 2011. Referendum kemerdekaan dimaksudkan untuk mengakhiri konflik selama puluhan tahun, yang dipimpin oleh SPLM, terhadap pemerintah Sudan di utara.

Negara kaya minyak terbagi secara etnis dan politik, dengan banyak kelompok bersenjata yang aktif. Ketegangan telah sangat tinggi sejak Presiden Kiir memberhentikan seluruh anggota kabinetnya, termasuk Machar, pada Juli.

Pemecatan tersebut diyakini adalah dipicu oleh perebutan kekuasaan—Machar mengatakan ia berencana untuk mengikuti pemilihan presiden tahun 2015. Dia kini memimpin faksi pembangkang dalam SPLM.

Kedua laki-laki tersebut berasal dari kelompok etnis yang saling bersaing dan berkali-kali bentrok di masa lalu. Presiden Kiir adalah dari komunitas Dinka, suku terbesar di Sudan Selatan. Wapres Machar adalah dari Nuer, terbesar kedua. Beberapa warga Nuer mengeluh tentang dominasi politik Dinka.

Juba dilaporkan tenang pada pertengahan  pagi dengan beberapa warga sipil di jalan-jalan, tapi pasukan bersenjata terlihat berpatroli.

Ratusan orang, terutama perempuan dan anak-anak, berlindung di kompleks PBB dekat bandara dan di sebuah rumah PBB di kota.

Seorang saksi mengatakan kepada Reuters tujuh orang, termasuk anak umur dua tahun, telah dirawat karena luka tembak.

PBB mengatakan dalam pernyataan: “Kami berharap situasi keamanan di Juba akan cepat normal untuk memungkinkan warga sipil kembali segera ke daerah pemukiman mereka Untuk itu, UNMISS (misi PBB di Sudan Selatan) menyerukan kepada semua pihak untuk tenang dan menahan diri.”

PBB dan kedutaan besar AS menyarankan warga mereka untuk tinggal di rumah. Keduanya membantah rumor mereka menyembunyikan tokoh politik atau militer. (bbc.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home