Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 13:42 WIB | Jumat, 06 Februari 2015

Sudirman Said Perintahkan PNS Siap Tidak Kaya

Menteri ESDM Sudirman Said (tengah) saat menghadiri Hari Ulang Tahun Korpri, Desember 2014. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA,SATUHARAPAN.COM – Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menegaskan menjadi pegawai negeri sipil berarti  harus siap tidak menjadi kaya, jika ingin menjadi kaya jadilah pengusaha.

“Anda semua ada di wilayah pelayanan publik, jadi kalau cita-cita kamu ingin jadi kaya raya bukan disini tempatnya, kalau mau kaya raya, berdagang, jadi pengusaha. kalau mau, kalau mau jadi profesional terkenal masuk kampus. Kalau mau jadi profesional bagus terkenal masuk ke dunia profesi,” ujar Menteri ESDM, Sudirman Said dalam pembekalan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian ESDM di Pusat Arsip Kementerian ESDM, Pondok Ranji, Jakarta, Kamis (05/02).

Sudirman mengemukakan di hadapan 477 CPNS Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral tahun anggaran 2013 menjadi pelayan publik sama artinya melayani banyak orang.

“Tata nilai menjadi pegawai negeri adalah keberhatian, makna hidup, perasaan melayani orang. Itu yang akan menjadi simbol-simbol  pencapaian di masa depan. bahwa diantara kalian nanti ada yang menjadi Dirjen (Direktur Jenderal), menjadi Sekjen (Sekretaris Jenderal), menjadi Irjen (Inspektur Jenderal) bahkan ada yang menjadi Menteri itu tidak bisa dijadikan target, itu adalah akibat dari seluruh perilaku, seluruh prestasi, seluruh layanan yang telah dilakukan bersama,” kata mantan petinggi PT Pindad (Persero) Tbk tersebut.

Dengan menjadi pelayan publik, Sudirman menambahkan, saat ini harus disadari bahwa para pegawainya ditantang memasuki ke wilayah publik yang tata nilainya adalah makna hidup bukan yang lain. “Kalau kemarin-kemarin masih kebawa teman atau pacarnya untuk meminta supaya menjadi pegawai ESDM barangkali dari sekarang  ditata supaya tidak terantuk-antuk jalannya”, Sudirman menambahkan.

"Para generasi muda ini lebih senang disebut ‘bekerja dengan’ daripada ‘bekerja untuk’ jadi ajak mereka sebagai partner untuk berkontribusi pada negara dan rakyat," kata mantan Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina itu.

Pada (19/1), Sudirman Said melantik empat peabat eselon II di kementerian yang dia pimpin.  Sudirman Said mengatakan, pengangkatan pejabat eselon II tersebut dapat membawa perubahan di lingkungan kementerian ESDM yang saat ini sedang dalam proses pembenahan. (esdm.go.id).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home