Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 12:45 WIB | Jumat, 22 Januari 2016

Survei: 4,4 Persen Rakyat RI Sebut ISIS Bukan Ancaman

JIhadis ISIS di Suriah. (Foto: dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – ‎Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Resarch and Consulting (SMRC), 4,4 persen masyarakat Indonesia tidak mengakui  kelompok militian Negara Islam Irak dan Suriah (Islamic State Iraq and Syria/ISIS). sebagai ancaman yang nyata.

"SMRC melakukan survei pada 10 hingga 20 Desember 2015 di seluruh provinsi di Insonesia, dengan 1.220 responden yang dipilih secara random, 4,4 persen masyarakat menyatakan ISIS," bukan ancaman,"kata Direktur Utama SMRC, Djayadi Hanan, di kantornya, Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, hari Jumat (22/1).

Awalnya, Djayadi memaparkan, sekitar 62 persen dari 1.220 masyarakat Indonesia menyatakan mengenal ISIS. Dari angka tersebut, sebanyak 0,3 persen menyatakan ISIS boleh berdiri di Indonesia.

Kemudian, dia kembali lanjut memaparkan hasil surveinya, SMRC juga menemukan sebanyak 0,8 masyarakat Indonesia menyatakan setuju dengan cita-cita yang diperjuangkan oleh ISIS.

“0,8 persen menyatakan setuju dengan apa yang diperjuangan oleh ISIS,” ucap Djayadi.

Menurutnya, walau survey SMRC menunjukkan hanya segelintir masyarakat Indonesia yang bersimpati kepada ISIS, terdapat indikasi dukungan terhadap ISIS cenderung dilakukan kalangan muda. Sekitar 4 persen masyarakat Indonesia yang berusia 22 sampai 25 tahun  dan 5 persen yang masih duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi menyatakan mengenal ISIS serta setuju dengan cita-cita kelompok militan pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home