Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 02:49 WIB | Selasa, 03 November 2020

Survei Gallup: Indonesia Termasuk Negara Aman

Survei dilakukan pada 114 negara dengan mewawancarai 175.000 orang dewasa.
Suasana di Jalan Malioboro, Yogyakarta. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Lembaga analitis Gallup telah merilis Law and Order Index 2020 dari Gallup. Lembaga ini mengukur persepsi orang tentang keamanan mereka sendiri di 144 negara di dunia. Indonesia masuk dalam daftar di urutan ke-20 teratas dengan skor 89.

Sepuluh negara yang berada pada posisi teratas adalah Singapura (skor 97 persen), kemudian Turkmenistan (97), China (94), Islandia (93), Kuwait (93), Uni Emirat Arab (92), Nowegia (92), Swiss (92), Austria (92) dan Uzbekistan (skor 92).

Gallup mewawancarai hampir 175 ribu orang dewasa di 144 negara dan wilayah pada tahun 2019 atau sekitar seribu orang dewasa di setiap negara disurvei.

Ada beberapa pertanyaan yang diajukan dalam survei ituantara lain: Apakah Anda merasa aman berjalan sendirian di malam hari di kota atau daerah tempat Anda tinggal?

Pertanyaan lain: dalam 12 bulan terakhir, apakah Anda pernah diserang atau dirampok? Dan di kota atau daerah tempat tinggal Anda, apakah Anda percaya pada kepolisian setempat?

Singapura berada di urutan teratas seperti hasil survei tahun lalu, di mana 97 persen populasi merasa aman. Turkmenistan memperoleh nilai serupa dengan Singapura. China berada di urutan kedua dengan nilai 94 persen. Sementara di tempat ketiga terdapat Islandia dan Kuwait dengan nilai 93 persen.

Afrika Selatan, Venezuela, Gabon, dan Afghanistan berada di urutan terbawah dalam daftar hasil survei Gallup. Hanya 29 persen warga Venezuela dan hanya 12 persen warga Afghanistan menyatakan bahwa mereka merasa aman berjalan sendirian di daerah mereka pada malam hari.

Dari semua negara di Timur Tengah, Libya, Maroko, dan Yaman masing-masing peringkat peringkat terendah. Ini terkait dengan situasi keamanan akibat perang saudara saat ini sedang berlangsung kedua negara itu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home