Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Melki Pangaribuan 21:52 WIB | Kamis, 16 Juli 2015

Swiss Ekstradisi Pejabat FIFA ke Amerika Serikat

Jeffrey Webb termasuk salah seorang yang ditangkap di Zurich bulan Mei lalu, dan ia tak melawan permintaan ekstradisi AS. (Foto: bbc.com)

ZURICH, SATUHARAPAN.COM - Seorang pejabat FIFA yang ditahan dalam penggerebekan di Zurich, Swiss, beberapa waktu telah diesktradisi ke Amerika Serikat, kata pihak berwenang Swiss.

Pejabat ini merupakan satu dari tujuh orang yang ditangkap dengan tuduhan korupsi pada 27 Mei lalu.

Menurut Kementerian Kehakiman Swiss, ia dibawa ke New York oleh tiga orang polisi pada hari Rabu (15/7).

Tidak disebutkan siapa nama pejabat tersebut, tetapi sebuah laporan menyebutkan pejabat asal Kepulauan Cayman, Jeffrey Webb tidak menggunakan haknya untuk melawan permintaan ekstradisi dari pemerintah Amerika Serikat yang diajukan beberapa waktu lalu.

Webb adalah bekas presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF). Ia dituduh menerima uang suap jutaan dolar terkait penjualan hak pemasaran.

Tanpa Penundaan

Wartawan olahraga BBC menyatakan di bawah peraturan federal Amerika, seorang tersangka harus dibawa ke hadapan hakim "tanpa penundaan" ketika mereka tiba di wilayah tempat mereka dituduh melakukan "kejahatan" tersebut.

Rombongan ini meninggalkan Zurich hari Rabu, maka kemungkinan persidangan akan segera dimulai.

Sedangkan enam orang lain yang ditangkap di Zurich mengajukan perlawanan terhadap permintaan ekstradisi tersebut.

Penangkapan mereka dilakukan atas permintaan Departemen Kehakiman Amerika yang telah mendakwa 14 orang pejabat dan bekas pejabat FIFA serta rekan mereka terkait "korupsi yang merajalela, sistemik dan mendalam" menyusul penyelidikan yang dilakukan oleh FBI.

Penyelidikan ini dipicu oleh proses lelang tuan rumah Piala Dunia 2008 dan 2022 yang dimenangkan Rusia dan Qatar, tapi kemudian meluas ke berbagai kasus di organisasi sepak bola dunia itu selama 20 tahun terakhir. (bbc.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home