Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 10:54 WIB | Sabtu, 13 September 2014

Swiss Tangkap Pencuri Berlian Internasional

Ilustrasi berlian. (Foto: ibnlive.in.com)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Tersangka pencuri perhiasan mewah asal Tiongkok yang dituduh telah mencuri berlian bernilai jutaan dolar di seluruh dunia ditangkap di Swiss saat sedang melakukan operasinya, ujar Interpol pada Jumat (12/9).

Warga Tiongkok bernama Jianguo Meng (46) terlibat dalam belasan perampokan sejak 2012, meliputi pencurian sebuah cincin berlian senilai 1,5 juta dolar Amerika (sekitar Rp 17,8 miliar) dari Bahrain tahun lalu, dan menjadi buronan Interpol, kata organisasi kepolisian internasional tersebut.

Meng dan seorang kaki tangannya ditangkap di Zurich, ketika seorang karyawan toko perhiasan mengenalinya lewat suatu peringatan dan langsung menelepon polisi.

Kini tersangka tengah menghadapi ekstradisi ke Bahrain.

Interpol menambahkan, Meng diduga melakukan perampokan di Austria, Belgia, Prancis, Jerman, Malaysia, Monako, Swiss, dan Inggris. Dia tidak pernah bekerja sendiri. Dalam semua kasus, dua tersangka memasuki toko dan meminta untuk menunjukkan pilihan cincin berlian paling mahal, kata pernyataan itu.

Ketika sejumlah cincin ditunjukkan di atas meja, tersangka akan mengalihkan perhatian penjual dengan menanyakan arah atau kartu nama, dan kemudian mencuri salah satu cincin ketika penjual teralihkan perhatiannya.

Interpol mengatakan sedang menyelidiki setidaknya dua kelompok kejahatan terorganisir yang beroperasi di Tiongkok dalam cara yang mirip dengan Meng. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home