Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 13:47 WIB | Minggu, 26 November 2023

Tahap Kedua, Hamas Bebaskan 13 Sandera Israel, Termasuk Delapan Anak-anak

Empat sandera dari Thailand juga ikut dibebaskan, dan Israel membebaskan 39 tahanan Palestina.
Sandera Israel yang dibebaskan pada hari Sabtu, 25 November 2023: Atas dari Kiri-Kanan: Sharon Avigdori dan putrinya Noam, saudara kandung Alma dan Noam Or; tengah: Hila Rotem, Emily Hand, Shiri Weiss dan putrinya Noga; bawah: Adi Shoham dan anak-anak Yahel dan Naveh, Maya Regev, dan Shoshan Haran. (Foto: Ist/gambar kombinasi: ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Menyusul penundaan selama berjam-jam yang menegangkan yang mengancam akan menggagalkan perjanjian gencatan senjata sementara Israel-Hamas, 13 sandera Israel yang ditahan oleh Hamas di Gaza selama 50 hari terakhir akhirnya kembali ke Israel pada hari Sabtu (25/11)  malam

Mereka telah disandera selama 50 hari sejak diculik dalam serangan gencar Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober.  Warga Israel yang dibebaskan pada hari Sabtu adalah delapan anak, empat ibu, dan seorang perempuan muda. Sementara sebagai imbalannya, Israel membebaskan 39 tahanan Palestina.

Empat warga negara Thailand lainnya juga dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan terpisah yang dinegosiasikan oleh Mesir, juga dengan keterlibatan Qatar dan Iran, setelah laporan awal bahwa tujuh orang akan dibebaskan.

Di antara mereka yang dibebaskan, banyak anggota keluarga mereka yang hilang pada tanggal 7 Oktober, dan banyak pula kerabat yang masih disandera. Yahel Shoham, tiga tahun, dibebaskan tanpa ayahnya, yang masih ditahan. Hila Rotem, 13 tahun, dibebaskan tanpa ibunya, Raya, yang juga masih menjadi sandera.

Emily Hand, sembilan tahun, salah satu dari mereka yang dibebaskan, kembali ke keluarganya yang awalnya diberitahu bahwa dia dibunuh pada tanggal 7 Oktober. Sekitar 195 sandera masih ditahan.

Sebagian besar sandera Israel yang dibebaskan pada hari Sabtu berasal dari Kibbutz Be'eri, yang merupakan salah satu komunitas yang paling terkena dampak bulan lalu ketika ribuan teroris Hamas dari Gaza menyerbu Israel selatan dan membunuh sekitar 1.200 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil di rumah mereka dan pengunjung festival musik luar ruangan, dan menyandera sekitar 240 orang.

Sekitar 100 orang terbunuh di Kibbutz Be’eri dan sekitar 50 orang disandera dari sana pada hari itu.

Ke-13 sandera Israel yang dibebaskan adalah bagian dari kelompok sandera kedua yang dibebaskan oleh Hamas, menyusul perundingan intens yang dimediasi oleh Qatar, Mesir dan Amerika Serikat, sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata empat hari yang akan menghentikan pertempuran di Gaza dengan imbalan membebaskan total sekitar 50 sandera Israel secara keseluruhan, dalam kelompok yang berjumlah sekitar selusin per hari, pada hari Senin (27/11).

Kesepakatan itu mulai berlaku dengan jeda pertempuran pada hari Jumat pukul 07:00 pagi, diikuti dengan pembebasan kelompok pertama yang terdiri dari 13 sandera Israel pada hari Jumat sore, setelah 49 hari di Gaza.

Pihak Hamas Menunda Pembebasan

Pada hari Sabtu, ketika kelompok sandera berikutnya akan dibebaskan, Hamas menunda pemindahan selama berjam-jam sebelum mengalah menyusul laporan adanya tekanan kuat dari Qatar, Mesir dan Amerika Serikat.

Sayap militer Hamas mengklaim pihaknya menunda pembebasan tersebut sampai Israel “mematuhi ketentuan perjanjian terkait dengan masuknya truk bantuan ke Jalur Gaza utara dan karena kegagalan iming-iming untuk mematuhi standar yang disepakati dalam pembebasan tahanan.”

Namun, Israel telah mengizinkan 200 truk masuk ke Jalur Gaza, sebagaimana diwajibkan dalam kesepakatan tersebut, dan penghubung militer COGAT Israel dengan Palestina mengumumkan sebelumnya bahwa setidaknya 50 truk tersebut mencapai Gaza utara, sebuah klaim yang dikonfirmasi oleh Bulan Sabit Merah Palestina.

Sebuah sumber politik mengatakan kepada The Times of Israel bahwa Israel telah memenuhi semua ketentuan perjanjian. Perilaku Hamas pada Sabtu (25/11) malam “mempermalukan” mediator Qatar dan Mesir, kata sumber politik tersebut.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menelepon Emir Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani, dan mendesaknya untuk bertindak mengatasi penundaan Hamas dalam implementasi kesepakatan penyanderaan, kata seorang pejabat yang mengetahui masalah tersebut kepada The Times of Israel pada hari Sabtu (25/11).

Segera setelah itu, Qatar mengonfirmasi bahwa pembebasan tersebut akan dilanjutkan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, Majed al-Ansari, mengatakan dalam pernyataan selanjutnya bahwa Doha berharap bahwa “momentum” yang dibangun selama dua hari terakhir gencatan senjata akan mengarah pada perpanjangan gencatan senjata pada hari Senin dan memajukan negosiasi menuju gencatan senjata jangka panjang.

Kesepakatan itu memberikan insentif bagi pembebasan sandera tambahan, dengan Israel menyetujui satu hari gencatan senjata tambahan untuk setiap 10 sandera tambahan yang dibebaskan oleh Hamas. Israel menerima daftar sandera yang dijadwalkan untuk dibebaskan pada hari Sabtu malam, kata kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Setelah meninjau daftar tersebut, pejabat keamanan Israel memberi tahu keluarga para sandera, kata Kantor Perdana Menteri, baik mereka yang termasuk dalam daftar terbaru maupun yang tidak.

Kelompok kedua juga mencakup 13 warga Israel, lebih banyak dari mereka adalah anak-anak dibandingkan pada hari Jumat, ketika hanya empat anak yang dibebaskan. Di antara 240 korban penculikan awal, faksi teror secara keseluruhan menculik sekitar 40 anak, termasuk bayi dan balita.

Israel menuntut pembebasan anak-anak dan ibu mereka sebagai prioritas dalam kesepakatan saat ini. (ToI/kantor berita)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home