Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:24 WIB | Rabu, 21 Januari 2015

Tahun 2015 Pertamina Fokus Lima Strategi Bisnis

Rapat dengar pendapat Komisi VII DPR RI dengan Pertamina di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (20/1). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menghadapi tahun 2015 di mana Indonesia akan bersaing di pasar bebas ASEAN, Pertamina akan mengupayakan fokus pada lima strategi bisnis.

"Tahun 2015 kita akan berfokus pada penguasaan ladang minyak dengan mengambil blok yang sudah habis masa kontraknya," kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (20/1).

"Kemudian, kami akan melakukan efisiensi biaya dengan memperpendek rantai bisnis melalui re-engineering, re-structuring, re-organizing dan sinergi. Selain itu kami juga akan melakukan manajemen pengadaan dan mengupayakan penurunan kerugian."

Langkah yang ketiga adalah peningkatan kapasitas kilang yang lebih ekonomis, hasil akan lebih murah dari impor dan memperbarui kilang minyak.

Kemudian strategi selanjutnya adalah dengan membangun infrastruktur agar dapat menggeser konsumsi LPG dengan LNG, meningkatkan penjualan produk energi, memperkuat ritel, kerjasama dengan anak perusahaan atau pihak ketiga.

Selain itu, Dwi menambahkan akan melakukan penyelamatan aliran kas dengan merestrukturisasi bisnis anak perusahaan dan mengoptimalkan manajemen keuangan.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home