Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:10 WIB | Jumat, 11 Februari 2022

Tanah Longsor Terjadi di Wonosobo dan Banyumas

Tanah Longsor Terjadi di Wonosobo dan Banyumas
Warga bersama tim gabungan bekerja sama membersihkan jalan usai terjadi longsor di Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Rabu (9/2). (Foto: BPBD Kabupaten Wonosobo)
Tanah Longsor Terjadi di Wonosobo dan Banyumas
Tanah longsor terjadi di wilayah Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu (9/2) sore. Tidak ada laporan korban jiwa atau pun luka-luka pada peristiwa tersebut. (Foto: BPBD Kabupaten Banyumas)

WONOSOBO, SATUHARAPAN.COM-Tanah longsor mengakibatkan satu warga luka berat di Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Kejadian ini berlangsung pada Rabu (9/2) sore, yang dipicu oleh kondisi tanah labil dan hujan lebat di sekitar wilayah pegunungan Dieng.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo melaporkan warga yang mengalami luka berat telah dievakuasi oleh tim gabungan. Selain korban luka, BPBD setempat mencatat satu terdampak dan rumah rusak berat satu unit akibat kejadian ini.

Sedangkan kerusakan sarana fisik, sebanyak delapan meter badan jalan tertutup material longsor dan satutitik sarana irigasi terdampak. Adapun lokasi terdampak di beberapa titik yakni di Desa Parikesit, Desa Kalilembu dan Desa Sikunang yang terletak di Kecamatan Kejajar.

Insiden tanah longsor juga terjadi di wilayah Kabupaten Banyumas, namun tidak ada laporan korban jiwa atau pun luka-luka pada peristiwa tersebut.  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas menginformasikan dua desa terdampak yaitu Desa Kalisalak dan Windujaya di Kecamatan Kedungbanteng.

Peristiwa ini dipicu oleh hujan lebat dan kondisi tanah labil di beberapa titik pada desa terdampak. Tanah longsor tidak mengakibatkan adanya kerusakan bangunan rumah milik warga. Tercatat, material longsor hanya menimbun beberapa titik jalan maupun kerusakan pada talud.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home