Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:21 WIB | Senin, 09 April 2018

Tanggapan BMKG Terkait Potensi Tsunami Pandeglang

Ilustrasi. Peta potesi tsunami di Indonesia. (Foto: bmkg.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Beberapa hari terakhir, masyarakat di Jawa bagian barat, khususnya Banten, resah dengan adanya berita mengenai ahli yang memprediksi potensi tsunami setinggi 57 meter di Pandeglang.

Tsunami Pandeglang, diprediksi oleh ahli itu, dapat terjadi jika Jawa Barat diguncang gempa megathrust atau gempa besar.

Deputi Bidang Geofisika dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dr Ir Muhamad Sadly M Eng menanggapi berita prediksi tsunami yang sudah menyebar di masyarakat itu, pada rilis yang dilansir situs resmi bmkg.go.id, pada Kamis (5/4).

Menurutnya, pada kasus hasil kajian potensi tsunami di Pandeglang, peneliti sebenarnya tidak melakukan prediksi tapi mencoba mengungkap potensi yang masih perlu dikaji.

Ia menambahkan, potensi hasil penelitian, perlu kajian bersama para pakar yang sudah teruji secara ilmiah berbasis data yang memadai dan valid, baru dapat diterapkan dalam mendukung analisis untuk meningkatkan kualitas dan akurasi info gempa bumi dan tsunami yang diberikan oleh BMKG. Oleh karena itu masyarakat diimbau tetap tenang dan lebih arif dalam memahami info kegempaan dan tsunami.

BMKG mendapat mandat dan wewenang berdasarkan UU No 31 Tahun 2009, untuk melakukan observasi, analisis dan diseminasi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.

BMKG akan terus melakukan monitoring aktivitas gempa bumi di Indonesia termasuk potensi tsunami dari setiap gempa kuat yang terjadi, dan segera memberikan informasi tersebut dengan cepat dalam waktu kurang dari 5 menit, melalui berbagai media disseminasi (SMS, website, media sosial, dan Aplikasi Info BMKG).

Selain itu BMKG bersama pihak terkait akan terus aktif dalam memberikan edukasi, terkait mitigasi gempa bumi dan tsunami kepada stakeholder, masyarakat, dan media, untuk mendukung efektivitas pengurangan risiko bencana.

Untuk itu masyarakat diminta untuk selalu mengikuti informasi BMKG melalui website http://www.bmkg.go.id, Aplikasi "Info BMKG" yang dapat diunduh dari Mobile Apps (iOS dan Android) Media Sosial: Twitter @infoBMKG Instagram @infobmkg Facebook @infoBMKG Youtube @infoBMKG

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home