Loading...
BUDAYA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:38 WIB | Rabu, 25 Mei 2016

Teman Ahok Fair, Cara Unik Galang Dana Relawan Ahok

Poster Teman Ahok Fair. (Foto: temanahok.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Relawan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang menamakan diri “Teman Ahok”, tengah menggalang dana untuk persiapan menuju perang politik Pemilihan Gubernur DKI 2017 mendatang, yaitu dengan menggelar “Teman Ahok Fair” yang berlangsung pada tanggal 28-29 Mei 2016 di Gudang Sarinah Ecosystem, Pancoran, Jakarta Selatan.

“Selama ini, acara-acara politik di Indonesia masih identik dengan mobilisasi massa yang dibiayai, diberi atribut, dan diberi hiburan gratis, di mana masyarakat hanya menjadi objek. Event ini adalah salah satu upaya dari Teman Ahok untuk mencoba memberi warna dan rasa berbeda dalam gerakan politik di Indonesia,” demikian seperti dilansir dari temanahok.com di Jakarta, hari Rabu (25/5).

Teman Ahok Fair yang mengusung tema “Sejuta teman, Sejuta Harapan” ini memiliki alasan lain mengapa acara ini diadakan. Di antaranya adalah untuk dana operasional pengumpulan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dukungan untuk Ahok.

Ketika KTP dukungan untuk Ahok akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk diverifikasi, sesuai dengan Undang-Undang PKPU Nomor 9 Pasal 15, disebutkan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (3) dibuat dalam tiga rangkap.

Jadi, harus ada tiga juta formulir yang harus diserahkan kepada KPU dan tentunya membutuhkan biaya besar. Sebagai simulasi, untuk fotokopi tiga rangkap: 1.000.000 x tiga rangkap x biaya fotokopi (@Rp 100) = Rp 300.000.000. Tidak hanya itu yang dibutuhkan, Teman Ahok harus memikirkan tentang dana operasional dan biaya tak terduga lainnya.

Karena untuk sementara ini Teman Ahok tidak menerima sumbangan secara tunai, maka ide mengadakan pesta seni ini akhirnya digagas dan telah bekerja sama dengan Starseven Production dengan tiket masuk pre-sale Rp 25.000 dan beli di tempat Rp 35.000 per orang.

Acara ini akan dimeriahkan oleh White Shoes and The Couples Company, Mocca, Saykoji, Project Pop, Sore, Classmate Journal, Elpamas, L’Alphalpha, Adithia Sofyan, OM PMR, Celtic Room, Keroncong Tugu, Iis Dahlia, Jflow dan Float.

Selain musik, bazaar, acara bincang-bincang, dan opera, juga ikut mewarnai acara yang akan berlangsung selama dua hari di akhir pekan mulai pukul 10.00 WIB tersebut. Teman Ahok menargetkan 15.000 pengunjung selama dua hari penyelenggaraan acara ini.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan akan hadir di Teman Ahok Fair pada 28 dan 29 Mei. Ia bahkan memuji upaya kreatif Teman Ahok dengan kegiatan yang akan dimeriahkan oleh sejumlah band-band indie itu.

"Ya, saya harus datang, mereka kumpul. Jadi artis akan hibur nih siang malam dua hari dalam ajang fair itu. Ada beberapa kelompok musik. Mereka akan main di situ tanpa dibayar. Ini bagian dari mereka untuk membantu pencarian dana," kata pria yang akrab disapa Ahok itu di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, hari Selasa (24/5).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home