Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:08 WIB | Kamis, 03 Maret 2022

Terbaru Invasi Rusia: Serangan Besar-besaran Diperkirakan Segera Terjadi

Terbaru Invasi Rusia: Serangan Besar-besaran Diperkirakan Segera Terjadi
Foto oleh Layanan Darurat Ukraina ini menunjukkan personel layanan darurat memeriksa kerusakan di dalam gedung Balai Kota di Kharkiv, Ukraina, Selasa, 1 Maret 2022. Penembakan Rusia menghantam sasaran sipil di kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv, hari Selasa, dan 40 Konvoi tank dan kendaraan lain sepanjang satu mil mengancam ibu kota. Ini taktik yang menurut presiden Ukraina dirancang untuk memaksanya masuk ke dalam konsesi dalam perang darat terbesar di Eropa dalam beberapa generasi. (Foto: via AP)
Terbaru Invasi Rusia: Serangan Besar-besaran Diperkirakan Segera Terjadi
Seorang pria membersihkan tempat perlindungan bom di Kiev, Ukraina, hari Senin, 28 Februari 2022. Ledakan dan tembakan yang telah mengganggu kehidupan sejak invasi dimulai pekan lalu tampaknya mereda di sekitar Kyiv semalam, ketika delegasi Ukraina dan Rusia bertemu Senin di perbatasan Ukraina dengan Belarusia. (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Terbaru Invasi Rusia: Serangan Besar-besaran Diperkirakan Segera Terjadi
Warga Ukraina dan pendukungnya memprotes invasi Rusia ke Ukraina, di Yerusalem tengah, Senin, 28 Februari 2022. (Foto: AP/Maya Alleruzzo)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan separatis di Donetsk mengatakan mereka telah mendirikan dua koridor untuk evakuasi warga sipil dari Mariupol, sebuah indikasi bahwa serangan besar-besaran di pelabuhan utama Laut Azov mungkin akan segera terjadi.

Eduard Basurin, juru bicara militer separatis, mengatakan keamanan pergerakan sipil dijamin hingga Rabu di koridor.

Mariupol, pusat industri, dipandang sebagai target utama pasukan Rusia karena nilai ekonomi dan lokasinya, yang akan membantu Rusia membangun koridor darat antara Krimea dan daratan Rusia.

 

Sanksi Akan Meruntuhkan Ekonomi Rusia

PARIS, Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, mengatakan sanksi “akan menyebabkan ekonomi Rusia runtuh.”

“Cadangan devisa Rusia menghilang ke udara tipis, dan peti perang terkenal Vladimir Putin semuanya kosong,” kata Le Maire, hari Selasa (1/3) di radio France Info. “Pasar sedang ambruk. Inflasi meningkat. Kita akan melihat barisan orang Rusia yang mencoba menarik uang tunai dari bank mereka.”

Le Maire juga mengatakan bahwa Bank Sentral Rusia harus menaikkan suku bunga "berarti bahwa perusahaan tidak akan memiliki akses ke pinjaman, atau pada tingkat yang sangat tinggi" dan karena itu tidak akan dapat berinvestasi dan mengembangkan ekonomi Rusia.

 

Pengiriman Barang dari dan ke Rusia Ditangguhkan

COPENHAGEN, Perusahaan pelayaran terbesar di dunia, A.P. Moller – Maersk, mengatakan bahwa semua pemesanan baru ke dan dari Rusia “akan ditangguhkan sementara, dengan pengecualian bahan makanan, pasokan medis dan kemanusiaan.”

Langkah itu dilakukan karena "stabilitas dan keamanan operasi kami sudah secara langsung dan tidak langsung dipengaruhi oleh sanksi," kata kelompok yang berbasis di Kopenhagen itu dalam sebuah pernyataan, hari Selasa (1/3) menambahkan penangguhan berlaku untuk "semua pelabuhan gerbang Rusia."

Kelompok itu juga mengatakan "sangat prihatin dengan bagaimana krisis terus meningkat di Ukraina."

 

Konduktor Orkestra Asal Rusia Dipecat

BERLIN, Kota Munich pada Selasa (1/3) mengatakan telah memecat Valery Gergiev sebagai kepala konduktor orkestra philharmonic kota itu, karena dukungannya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Walikota Dieter Reiter mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Gergiev telah gagal menanggapi tenggat waktu hingga hari Senin untuk menjauhkan diri dari perang Rusia di Ukraina.

“Saya mengharapkan dia untuk memikirkan kembali dan merevisi penilaiannya yang sangat positif terhadap pemimpin Rusia,” kata Reiter. “Setelah ini tidak terjadi, satu-satunya pilihan adalah pemutusan hubungan segera,” tambahnya.

Gergiev telah dijatuhkan sebagai konduktor Festival Verbier, Festival Internasional Edinburgh, tur lima konser Vienna Philharmonic di AS dan pertunjukan lainnya dalam beberapa hari terakhir.

 

Hadapi Serangan Rusia ke Ukraina, Persatuan Uni Eropa Ditantang

BERLIN , Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, mengatakan persatuan “telah menjadi pertanyaan untuk bertahan hidup bagi Eropa” sehubungan dengan keputusan Rusia untuk mengabaikan aturan internasional dengan serangannya terhadap Ukraina.

Berbicara pada hari Selasa (1/3) menjelang pertemuan dengan rekan-rekan Polandia dan Prancisnya di Lodz, Polandia, Baerbock mengatakan penting bahwa ketiga negara membawa perspektif mereka sendiri, yang seringkali sangat berbeda, untuk masalah ini, dan dengan demikian memastikan Eropa tetap bersatu.

"Jika tiga negara kami dapat bertindak sebagai satu, karena kami sekarang mendukung Ukraina, maka Eropa bertindak sebagai satu," katanya dalam sebuah pernyataan.

Baerbock mengatakan solidaritas Eropa dengan Ukraina juga dapat dilihat dalam protes damai yang terjadi dalam beberapa hari terakhir “di mana ratusan ribu peserta mengungkapkan kesedihan dan juga kemarahan mereka” atas perang.

 

Italia Minta Parlemen Naikkan Bantuan Militer untuk Ukraina

ROMA, Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, meminta parlemen negara itu untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina, sehari setelah Kabinetnya menyetujui pasokan senjata seperti rudal anti-tank dan rudal anti-pesawat Stinger.

Draghi mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Selasa (1/3) bahwa serangan Rusia di Ukraina “mewajibkan kita untuk membuat pilihan yang tidak terpikirkan” hingga saat ini.

Beberapa anggota parlemen di partai-partai dalam pemerintahan persatuan yang luas telah menyuarakan penentangan untuk mengirim bantuan militer yang mematikan. Tapi kedua kamar Parlemen diharapkan untuk menyetujui bantuan dalam pemungutan suara pekan ini.

Baru pekan lalu, pemerintah mengatakan akan dikirim hanya memberikan bantuan “tidak mematikan” kepada pasukan militer Italia, seperti peralatan untuk melumpuhkan ranjau darat. Tapi “adalah perlu bahwa pemerintah yang terpilih secara demokratis mampu melawan invasi dan mempertahankan kemerdekaan bangsa,” kata Draghi, dengan alasan untuk memasok persenjataan mematikan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home