Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 12:03 WIB | Selasa, 06 Juni 2023

Terkait Masalah Keuangan, Ratusan Wartawan Media Lokal AS Mogok

Anggota redaksi piket Austin American-Statesman dari kelompok Austin NewsGuild protes di sepanjang jembatan Congress Avenue di Austin, Texas, Senin, 5 Juni 2023. Pemogokan satu hari yang sebagian besar bertujuan untuk memprotes kepemimpinan perusahaan dan tindakan pemotongan biaya yang diberlakukan sejak merger tahun 2019 dengan GateHouse Media. (Foto: AP/Eric Gay)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Wartawan di 24 surat kabar lokal di seluruh Amerika Serikat keluar dari pekerjaannya pada Senin (5/6) untuk menuntut diakhirinya langkah-langkah pemotongan biaya yang menyakitkan dan perubahan kepemimpinan di Gannett, jaringan surat kabar terbesar di negara itu.

Pemogokan tersebut melibatkan ratusan jurnalis di surat kabar di delapan negara bagian, termasuk Arizona Republic, Austin American-Statesman, Bergen Record, Rochester Democrat & Chronicle, dan Palm Beach Post, menurut NewsGuild, yang mewakili pekerja di lebih dari 50 ruang redaksi Gannett. Gannett mengatakan tidak akan ada gangguan terhadap liputan beritanya selama pemogokan, yang akan berlangsung selama dua hari di dua surat kabar dan satu hari untuk sisanya.

Pemogokan bertepatan dengan rapat pemegang saham tahunan Gannett, di mana dewan perusahaan dipilih dengan sepatutnya meskipun serikat pekerja NewsGuild-CWA mendesak pemegang saham untuk menahan suara mereka dari CEO dan ketua dewan, Mike Reed, sebagai ekspresi tidak percaya pada kepemimpinannya.

Reed telah mengawasi perusahaan sejak merger tahun 2019 dengan GateHouse Media, periode penuh gejolak yang mencakup PHK (pemutusan hubungan kerja) dan penutupan ruang redaksi. Saham Gannett telah turun lebih dari 60% sejak kesepakatan ditutup.

Susan DeCarava, presiden The NewsGuild of New York, menyebut pertemuan pemegang saham itu sebagai "tamparan di wajah ratusan jurnalis Gannett yang mogok hari ini."

"CEO Gannett, Mike Reed, tidak memiliki sepatah kata pun untuk disampaikan kepada sejumlah jurnalis yang mata pencahariannya telah dia hancurkan, atau kepada komunitas yang telah kehilangan sumber berita utama mereka karena salah urusnya," kata DeCarava dalam sebuah pernyataan.

Dalam pengajuan hukum, NewsGuild mengatakan kepemimpinan Gannett telah memusnahkan ruang redaksi dan mengurangi liputan untuk melayani beban utang yang sangat besar. Pemotongan biaya juga termasuk cuti paksa dan penangguhan kontribusi 401-K.

“Kami ingin orang-orang di komunitas lokal kami mengetahui apa yang dilakukan perusahaan ini terhadap berita lokal, dan kami ingin pemegang saham Gannett mengetahui apa yang dilakukan Gannett terhadap berita lokal,” kata Chris Damien, seorang reporter peradilan pidana dan ketua unit guild Desert Sun , yang meliputi Palm Springs dan Coachella Valley di sekitarnya di California Selatan.

Chief Communications Officer Gannett, Lark-Marie Anton, mengatakan perusahaan tidak setuju dengan rekomendasi serikat pekerja untuk memberikan suara menentang Reed. “Selama masa yang sangat menantang bagi industri dan ekonomi kami, Gannett berusaha untuk memberikan upah, tunjangan, dan peluang yang kompetitif bagi semua karyawan kami yang berharga,” kata Anton dalam sebuah pernyataan.

Pemogokan wartawan Gannett bertepatan dengan pemogokan terbuka yang dilakukan oleh 250 karyawan AS yang berserikat di Insider Inc., sebuah perusahaan global yang menerbitkan Business Insider. Anggota Insider Union, yang dibentuk pada April 2021 dan diwakili oleh The NewsGuild of New York, menyerukan pemogokan setelah gagal mencapai kesepakatan kontrak pertama dengan perusahaan.

Beberapa ruang redaksi Gannett yang mencolok sedang menegosiasikan kontrak dan menuduh perusahaan itu lamban, tetapi Anton mengatakan perusahaan terus bernegosiasi secara adil.

Di antara tuntutan kontrak adalah gaji pokok tahunan sebesar US$ 60.000. Gaji rata-rata untuk karyawan Gannett pada tahun 2022 adalah US$ 51.035, menurut pengajuan proxy perusahaan. Total kompensasi tahunan Reed bernilai hampir US$ 3,4 juta, turun dari US$ 7,7 juta pada tahun 2021.

Pada rapat pemegang saham, Presiden NewsGuild-CWA, Jon Schleuss, mengatakan serikat pekerja mengusulkan untuk menurunkan rasio rata-rata CEO-ke-karyawan Gannett dari 66:1 menjadi 20:1. Tapi Schleuss mengatakan pertemuan itu hanya berlangsung delapan menit dan Reed tidak menjawab pertanyaan apa pun. Dalam serangkaian tweet, Schleuss menyebut pertemuan itu sebagai "lelucon lengkap".

Pergeseran Cetak ke Digital

Gannett, yang memiliki USA Today dan lebih dari 200 surat kabar harian AS lainnya dengan edisi cetak, mengumumkan Agustus lalu bahwa mereka akan memberhentikan staf redaksi untuk menurunkan biaya karena berjuang dengan penurunan pendapatan di tengah penurunan penjualan iklan dan langganan pelanggan.

Industri surat kabar telah berjuang selama bertahun-tahun dengan tantangan seperti itu, karena periklanan bergeser dari cetak ke digital, dan pembaca meninggalkan surat kabar lokal untuk sumber informasi dan hiburan online. Surat kabar besar seperti The New York Times, The Wall Street Journal, dan The Washington Post telah mendapatkan khalayak digital yang besar untuk meliput topik yang luas, tetapi surat kabar regional dan lokal kesulitan meniru kesuksesan itu di pasar yang lebih sempit.

Dalam laporan pendapatan kuartal pertama tahun ini, Gannett mengatakan langganan digitalnya tumbuh 15% dari tahun ke tahun, dan pendapatan dari sirkulasi digital tumbuh 20%. Perusahaan melaporkan laba US$ 10,3 juta versus kerugian US$3 juta pada periode yang sama tahun lalu, meskipun pendapatan turun 10,6%. Perusahaan juga melaporkan membayar utang US$ 37 juta.

Menurut NewsGuild, tenaga kerja Gannett telah menyusut 47% dalam tiga tahun terakhir karena PHK dan pengurangan tenaga kerja. Di beberapa surat kabar, serikat pekerja mengatakan jumlah karyawan telah turun sebanyak 90%.

Arizona Republic, misalnya, telah berubah dari 140 karyawan redaksi pada 2018 menjadi 89 tahun ini, kata NewsGuild. Ruang redaksi Austin American-Statesman menyusut selama periode itu dari 110 karyawan pada 2018 menjadi 41 tahun ini.

Beberapa surat kabar telah mengabaikan liputan olah raga atau bisnis lokal, kata serikat pekerja. Wartawan harus mengambil beberapa liputan yang tidak berhubungan. Beberapa publikasi telah menghentikan liputan berita lokal sama sekali untuk fokus pada berita regional.

Rick Edmonds, seorang analis bisnis media untuk Poynter Institute, mengatakan bahwa meskipun serikat pekerja tidak cukup kuat untuk mencegah PHK, pemogokan tersebut menunjukkan bahwa serikat pekerja telah mendapatkan momentum.

Schleuss mengatakan 18 ruang redaksi Gannett telah berserikat dalam lima tahun terakhir. Dua ruang redaksi lainnya memilih untuk berserikat pada hari Senin: Athens Banner-Herald dan Savannah Morning News, keduanya di Georgia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home