Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:39 WIB | Jumat, 28 November 2014

Terkenal di Argentina, Bali Jadi Tuan Rumah Festival Tango

Festival Tango oleh Kedutaan Besar Argentina untuk Indonesia berlangsung pada kamis (27/11) hingga Minggu (30/11) di Bali. (Foto: sayhueque)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM – Pulau Bali dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Tango oleh Kedutaan Besar Argentina untuk Indonesia yang berlangsung pada kamis (27/11) hingga Minggu (30/11).

Duta Besar Argentina untuk Indonesia Ricardo Luis Bocalandro saat menemui Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Denpasar pada Jumat (28/11) mengatakan Bali dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Festival Tango karena Bali sangat terkenal di Argentina sebagai pulau yang kaya akan seni dan budaya serta kearifan lokal.

"Selain itu, Bali sudah terbiasa menjadi tempat pertemuan tingkat internasional," ujar Ricardo.

Festival ini diharapkan dapat memberikan kesan yang tidak terlupakan bagi para peserta.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyambut baik rencana diselenggarakannya festival tarian asli Argentina tersebut oleh Kedutaan Besar Argentina.

Menurut dia, festival itu merupakan suatu kegiatan yang menarik bagi masyarakat Bali maupun para warga asing di Bali yang menyukai tari Tango.

Selain dapat memperkenalkan tarian, kata Pastika, acara tersebut juga sebagai diplomasi budaya bagi masyarakat Argentina.

Sementara itu, festival ini juga menjadi ajang promosi pariwisata Bali kepada warga Argentina.

Pastika berharap acara tersebut dapat memberikan inspirasi bagi para penari Bali dan penari Tango asal Argentina.

"Saya berharap festival ini dapat terus berlanjut dan suatu saat nanti Kedutaan Argentina akan bekerja sama dengan Bali untuk membuat kegiatan festival yang lebih besar karena Bali juga kaya akan seni budaya tari," ujar Pastika.

Sekilas Tari Tango

Tarian Tango berasal dari kawasan kota Buenos Aires dan Montevideo di Rio de La Plata, perbatasan Argentina dan Uruguay. Tarian ini awalnya merupakan kebiasaan, kepercayaan, dan bagian upacara masyarakat kelas bawah bekas budak Afrika, penduduk asli Rio de La Plata serta campuran imigran Eropa di wilayah tersebut.

Ritual dan kebiasaan tersebut kemudian digabungkan dan diubah menjadi identitas budaya yang khas, yakni tarian modern yang bernama Tango.

Tarian yang banyak dipengaruhi oleh budaya Spanyol dan Afrika ini begitu cepat populer di masyarakat. Tango pertama kali disebarkan keluar Argentina ke negara-negara Eropa oleh para penari Argentina yang bepergian ke Eropa. Tari tersebut dipertunjukkan pertama kali di kota Paris, London, dan Berlin. Di Amerika, tarian ini pertama kali dipertunjukkan di kota New York pada akhir 1913. Di Buenos Aires, Tango merupakan tarian rakyat golongan kelas bawah, namun sekarang Tango menjadi terkenal dan merupakan tarian bergengsi di ballroom. (Ant/amerika.panduanwisata.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home