Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:57 WIB | Jumat, 02 September 2016

Teroris Serang Pemukiman Kristen di Pakistan

Pasukan Pakistan menggelar operasi pembersuihan setelah serangan teror pada pemukiman Kristen di Peshawar, Pakistan, hari Jumat (2/9). (Foto: dari Express Tribune)

PESHAWAR, SATUHARAPAN.COM – Satu kelompok teroris menyerang pemukiman Kristen di Peshawar, Pakistan, hari Jumat (2/9) pagi. Menurut situs berita DawnNews, sedikitnya satu warga sipil dan empat teroris tewas.

Terjadi baku tembak antara teroris dan pasukan keamanan, menurut sumber militer setempat. Humat Direktur Jenderal Antar Layanan Pakistan, Asim Bajwa, ketika dikonfirmasi  mengatakan "keempat pelaku bom bunuh diri tewas" dan operasi pembersihan sedang berlangsung.

Penembakan dilaporkan mulai sekitar pukul 06.00 pagi waktu setempat. Teroris menyerang pemukiman Kristen, dan mereka mengenakan jaket berisi bahan peldak untuk serangan bunuh diri, kata sumber itu.

Dua penyerang tewas karena meledakkan jaket bunuh diri mereka, dan dua orang lainnya tewas oleh tembakan pasukan keamanan.

Peshawar menghadapi serangan teroris bertubi-tubi.  Serangan terburuk terjadi pada Desember 2014 ketika kelompok Taliban bersenjata membantai lebih dari 150 orang, sebagian besar anak-anak, di sebuah sekolah yang dikelola militer.

Belakangan ini ada ketenangan, setelah serangan mematikan pada bulan Maret ketika serangan bom menargetkan pegawai pemerintah dan membunuh 15 orang.

Pemukiman Kristen itu terletak di pinggiran kota Peshawa,  dekat perbatasan dengan Provinsi Khyber dan Mohmand.  Pemukiman itu berada dekatpusat pelatihan sepak bola, akademi  militer angkatan laut, dan sekolah umum yang dikelola Angkatan Darat.

Kawasan itu semula menjadi target serangan, namun militer memperkuat pengamanan dan intelijen, sehingga teroris mengalihkan serangan ke komunitas Kristen. Seorang penjaga di komunitas itu termasuk yang menembak teroris yang menyerang.

Operaso Zarb-iAzb

Daerah di dekat perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan rentan terhadap gerakan lintas batas teroris. Kelompok Tehreek-i-Taliban Pakistan (TTP) adalah kelompok Jamaatul Ahrar yang sering melancarkan serangan teror di kawasan itu, menurut sumber yang dikutip Dwan.

Serangan terhadap komunitas Kristen itu dilakukan sehari setelah Asim Bajwa menyampaikan hasil operasi  terhadap terorisme yang disebut Zarb-i-Azb  sejak Juni 2014.

Menurut dia Pakistan menderita kerugian sekitar US$ 107 miliar dalam perang melawan teror pada kurun 2001 dan 2015.

Sebanyak 3.500 teroris terbunuh dalam Operasi Zarb-i-Azb, sementara 2.272 tentara dan 537 petugas meninggal dalam tugas, termasuk 18 perwira, 35 perwira muda, dan 484 prajurit.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home