Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 12:49 WIB | Selasa, 27 Desember 2022

Tiga Lumba-lumba Mekong Yang Terancam Punah Mati Terkait Pancing

Seekor lumba-lumba Sungai Mekong muncul di Sungai Mekong di desa Kampi, Provinsi Kratie, timur laut Phnom Penh, Kamboja, pada 17 Maret 2009. Tiga lumba-lumba air tawar yang terancam punah telah mati dalam waktu kurang dari 10 hari, mengkhawatirkan konservasionis di Kamboja. (Foto: dok. AP/Heng Sinith)

PHNOM PENH, SATUHARAPAN.COM-Tiga lumba-lumba air tawar yang terancam punah telah mati dalam waktu 10 hari, dan ini mengkhawatirkan para konservasionis di Kamboja.

Kematian lumba-lumba sehat ketiga dalam periode singkat menunjukkan “situasi yang semakin mengkhawatirkan dan perlunya penegakan hukum yang intensif segera dilakukan di habitat lumba-lumba,” kata World Wildlife Fund (WWF) dalam pengumuman hari Senin (26/12).

Kematian lumba-lumba Irrawaddy terbaru, diyakini akibat terikat pancing illegal, menyoroti perlunya penegakan hukum untuk membantu menyelamatkan spesies ini yang juga dikenal sebagai lumba-lumba Sungai Mekong, menurut pernyataan itu.

WWF mengatakan tubuh lumba-lumba betina sehat yang diperkirakan berusia antara tujuh dan 10 tahun ditemukan mengambang di sungai pada hari Sabtu di timur Provinsi Kratie. Dikatakan pemeriksaan bangkainya menunjukkan bahwa lumba-lumba, dengan panjang 196 sentimeter dan berat 93 kilogram, telah terkait dan terlilit tali pancing yang kusut.

Seng Teak, direktur WWF Kamboja, mengatakan dalam pernyataannya bahwa tanpa tindakan segera “peningkatan aktivitas penangkapan ikan ilegal baru-baru ini di kawasan konservasi lumba-lumba” akan menghancurkan populasi lumba-lumba Sungai Mekong di Kamboja.

Pernyataan tersebut menganjurkan peningkatan patroli siang dan malam untuk melindungi lumba-lumba yang tersisa di kawasan konservasi.

Sensus pertama lumba-lumba Irrawaddy di Kamboja pada tahun 1997 memperkirakan total populasinya sekitar 200 ekor. Pada tahun 2020, populasinya diperkirakan turun menjadi 89 ekor.

WWF mengatakan 11 lumba-lumba telah mati pada tahun 2022, sehingga jumlah kematian menjadi 29 dalam tiga tahun terakhir.

Lumba-lumba Irrawaddy diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature. Kelompok lain dari lumba-lumba ini ditemukan di dua sungai air tawar lainnya: Irrawaddy Myanmar dan Mahakam Indonesia di pulau Kalimantan.

Pada bulan Februari, pejabat satwa liar Kamboja mengumumkan kematian lumba-lumba Irrawaddy terakhir yang diketahui dalam populasi di bentangan Sungai Mekong lebih jauh ke hulu, yang tampaknya disebabkan oleh jaring ikan yang terjerat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home