Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:57 WIB | Rabu, 13 November 2019

Tiga Orang Anggota ISIS Ditangkap di Jerman

Polisi Jerman. (Foto ilustrasi: Ist)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Polisi Jerman menahan tiga orang di kota Offenbach barat pada hari Selasa (12/13) atas dugaan bahwa mereka merencanakan serangan bom untuk ISIS, kata jaksa penuntut.

Tiga tersangka itu ingin membunuh sebanyak "orang kafir" sebanyak mungkin dalam serangan yang direncanakan di wilayah Rhine-Main, kata jaksa Frankfurt, Nadja Niesen, dikutip AFP.

Belum ada target yang spesifik yang diketahui dari rencana serangan itu, tetapi bukti yang disita dari penggerebekan di tiga rumah di Offenbach memberi informasi hal itu, tambahnya.

Badan intelijen dan polisi Jerman telah siaga tinggi untuk kemungkinan serangan ISIS sejak seorang pencari suaka yang ditolak dari Tunisia menewaskan 12 orang dengan menabrakkan truk ke pasar Natal Berlin hampir tiga tahun lalu.

Tersangka utama yang ditangkap pada hari Selasa adalah seorang Jerman 24 tahun asal Makedonia yang ingin membuat bahan peledak dan mencoba untuk membeli senjata dengan serangan secara online. Dua tersangka kaki tangannya adalah warga negara Turki berusia 22 dan 21 tahun.

Para tersangka diyakini telah memberi tahu orang-orang bahwa mereka adalah pendukung ISIS, kata Niesen, seraya menambahkan bahwa menurutnya ketiganya diketahui oleh polisi.

Bahan yang dapat digunakan untuk membuat bahan peledak dan peralatan ditemukan di rumah tersangka utama, katanya. Pihak berwenang juga mengamankan dokumen tertulis dan data elektronik.

Niesen mengatakan keputusan akan dibuat pada hari Rabu tentang apakah ketiga tersangka atau hanya satu akan diajukan ke hakim investigasi di pengadilan di Frankfurt.

Hakim akan memutuskan apakah akan mengeluarkan surat perintah penangkapan dan memerintahkan penahanan pra-sidang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home