Loading...
DUNIA
Penulis: Kris Hidayat 19:06 WIB | Minggu, 01 Desember 2013

Tiga Orang Tewas, 50 Orang Terluka dalam Bentrok di Bangkok

Kelompok Anti Pemerintah yang berjalan di antara gas air mata yang ditembakan oleh polisi anti huruhara di Bangkok, Minggu (1/12) (Foto: time.com).

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM - Tiga pengunjuk rasa tewas dan lebih dari 50 orang luka-luka di Bangkok dalam pertikaian yang kian memuncak antara kaum pro dan anti pemerintah yang terjadi di jalanan di Bangkok. Polisi melepaskan gas air mata dan meriam air pada kerumunan liar pada hari Minggu (1/12).

Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra terpaksa melarikan diri dari klub olahraga polisi dan dibawa ke sebuah lokasi rahasia setelah demonstran menyerbu kompleks tersebut.

Penentang Yingluck, koalisi royalis perkotaan dan elit tradisional yang dikenal dengan julukan Kelompok Kaos Kuning, telah menuduhnya hanya boneka bagi kakaknya, mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra sang miliarder.

Thaksin digulingkan dalam kudeta militer pada 2006 dan dihukum karena korupsi secara in absentia , tapi mempertahankan dukungan populer di kalangan bangsa miskin pedesaan di bagian timur laut sangat padat. Para pendukungnya dikenal sebagai Kelompok Kaos Merah.

Hari Minggu (1/12) dianggap batas waktu untuk upaya selama seminggu untuk menggulingkan pemerintahan Yingluck, dan demonstran mengatur tentang menghancurkan barikade dan mencoba untuk menguasai beberapa gedung pemerintah di ibukota Thailand.

"Kami sangat prihatin tentang kekerasan dan kami sudah mendesak kedua para pengunjuk rasa dan pemerintah untuk menghormati hak-hak, " kata Phil Roberton, direktur Human Rights Watch Asia, yang telah memantau peristiwa berlangsung.

Para pengunjuk rasa di Gedung Pemerintah, di mana kantor biasa Yingluck terletak, mencoba untuk memasuki kantor pemerintahan dengan menggunakan truk pick-up sebagai pelindung. Upaya mereka dihalangi oleh meriam air dan gas air mata. Lebih dari 21.000 polisi dan 1.000 tentara telah dikerahkan untuk melindungi 10 instalasi yang hendak diduduki demonstran.

Pada hari Sabtu , sekitar 70.000 Kelompok Kaos Merah, yang telah berkumpul di dekat Stadion Nasional Rajamangala Bangkok untuk menunjukkan dukungan bagi pemerintah sekarang, bentrok dengan mahasiswa dari Kelompok Kaos Kuning terutama antipemerintah, yang dating dari Ramkamhaeng University. Sekitar 8 malam waktu setempat, satu orang tewas ketika tembakan ditembakkan ke kampus . Kaos Merah telah muncul dari stadion untuk mendukung rekan-rekan mereka, setelah beberapa orang ditarik dari mobil dan dipukuli pada keyakinan bahwa mereka adalah pendukung Thaksin .

Pertempuran berlanjut menjelang malam, setelah pada pagi harinya pendukung Kaos Merah meninggalkan ibukota, karena para pemimpin mengatakan keamanan mereka tidak dapat dijamin. "Dengan kelompok utama yang menguasai area, mudah-mudahan kita tidak akan melihat bahwa konflik membesar antara dua gerakan massa ini, " kata Robertson. "Tapi selalu ada kekhawatiran agen provokator dari satu sisi atau yang lain mencoba untuk menimbulkan masalah."

Pada hari Minggu, demonstran Kaos Kuning telah mengalihkan perhatian mereka ke gedung-gedung pemerintah. Meskipun kejadian tenang menuju tengah hari , pengalaman masa lalu menunjukkan bahwa situasi bisa cepat meningkat lebih lanjut ketika pendekatan malam yang dingin dan lebih banyak orang keluar ke jalan.

Yingluck , yang memenangkan pemilu longsor pada tahun 2011 untuk menjadi perdana menteri wanita pertama Thailand, menegaskan bahwa kekuatan tidak akan digunakan untuk membubarkan kerumunan dan menyerukan negosiasi, setelah permohonannya bernegosiasi ditolak oleh pemimpin protes Suthep Thaugsuban.

Suthep Thaugsuban, seorang mantan Perdana Menteri Deputi oposisi Partai Demokrat, mendesak pendukungnya untuk mengepung berbagai gedung kementerian, markas polisi nasional dan kota serta kantor perdana menteri.

Pusat perbelanjaan di Bangkok yang selalu ramai ditutup, ini mengingatkan pada  kekerasan terburuk yang terakhir terjadi yang menelan korban sekitar 90 orang tewas dan 2.000 terluka dalam bentrokan jalanan yang sama di 2010 .

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home