Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:30 WIB | Kamis, 14 April 2022

Tiga Warga Palestina Terbunuh oleh Tentara Israel

Pelayat Palestina membawa jenazah Muhammad Assaf selama pemakamannya di desa Kufr Laqef, Tepi Barat, dekat Qalqiliya, Rabu, 13 April 2022. Pasukan Israel menembak dan membunuh Assaf, 34, selama bentrokan pada Rabu, kata Kementerian Kesehatan Palestina, ketika pasukan Israel melanjutkan operasi selama berhari-hari di Tepi Barat yang diduduki sebagai tanggapan atas serentetan serangan mematikan. (Foto: AP/Nasser Nasser)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Israel pada hari Rabu (13/4) menembak dan membunuh tiga warga Palestina, termasuk seorang remaja laki-laki, kata Kementerian Kesehatan Palestina, ketika pasukan Israel melanjutkan operasi selama berhari-hari di Tepi Barat yang diduduki sebagai tanggapan atas serentetan serangan mematikan.

Tiga kematian, semuanya dalam insiden terpisah, adalah yang terbaru dalam gelombang kekerasan Israel-Palestina yang meletus saat umat Islam menandai bulan suci Ramadhan.

Dalam dua kasus, militer Israel mengatakan pasukannya menembaki tersangka yang melemparkan bom api ke tentara selama operasi Tepi Barat.

Namun pejabat Palestina mengatakan salah satu dari keduanya, pengacara Mohammed Assaf, 34 tahun, secara tidak sengaja mengemudi ke zona pertempuran di kota Beita, Tepi Barat utara.

Yang lainnya adalah seorang anak berusia 14 tahun, terbunuh oleh tembakan tentara Israel di Husan, sebuah desa dekat Betlehem, kata Kementerian Kesehatan Palestina.

Kematian remaja itu kemungkinan akan menuai kritik internasional terhadap taktik militer Israel. Awal pekan ini, penembakan fatal terhadap seorang perempuan Palestina yang tidak bersenjata menimbulkan tuduhan dari pejabat Eropa bahwa militer menggunakan kekuatan yang berlebihan.

Murad Shtaiwe, juru bicara partai Fatah, mengatakan Assaf, sang pengacara, sedang mengantar kerabatnya ke sekolah. Mereka melewati daerah di mana bentrokan terjadi dan Assaf ditembak mati, kata Shtaiwe. "Apa yang terjadi hari ini adalah kejahatan baru," katanya.

Juga, polisi Israel mengatakan bahwa dalam operasi keamanan bersama dengan tentara dan badan intelijen Shin Bet, pasukan menangkap empat tersangka di kota Silwad, dekat Ramallah. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan Omar Muhammad Alyan yang berusia 20 tahun tewas setelah dia ditembak di dada selama serangan penangkapan Israel.

Militer Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan setidaknya 18 lainnya terluka akibat kegiatan militer Israel. Militer mengatakan seorang tentara terluka ringan dalam bentrokan itu dan mereka menangkap 15 orang dalam penggerebekannya pada hari Rabu.

Israel telah mengirim pasukan untuk menyisir kota-kota dan desa-desa Palestina dalam beberapa hari terakhir, mencari tersangka atau kaki tangan yang terkait dengan serangan Palestina baru-baru ini terhadap Israel.

Pekan lalu, seorang pria bersenjata Palestina melepaskan tembakan ke sebuah bar di Tel Aviv yang penuh sesak, menewaskan tiga orang dan melarikan diri dari tempat kejadian, memicu perburuan selama berjam-jam yang berujung pada pembunuhannya oleh polisi.

Serangan itu, serta tiga serangan lainnya di tempat lain di Israel dalam beberapa pekan terakhir, telah menewaskan 14 orang, ledakan pertumpahan darah paling mematikan terhadap warga Israel dalam beberapa tahun. Kantor Presiden Palestina Mahmoud Abbas menuduh Israel mengacaukan Tepi Barat, dengan mengatakan situasinya "telah menjadi berbahaya dan sensitif dan dengan cepat memburuk." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home