Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 09:00 WIB | Kamis, 07 April 2022

Surat Terbuka pada Presiden Palestina Menuntut Pembebasan Penseta Shahwan

Pendeta Johnny Shahwan dan istri. (Foto: dok, All Arab News)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Sebuah surat terbuka ditujukan kepada Presiden Otoritas Palestina (PA), Mahmoud Abbas, yang menuntut untuk dibebaskannya pendeta Johnny Shahwan, seorang pelayan Kristen Injili di daerah Betlehem.

Surat terbuka diterbitkan oleh media setempat, All Arab News, pada hari Selasa (5/4), yang menyebutkan bahwa Shahwan adalah seorang Kristen Paletina dan telah ditangkap, dan ditahan tanpa pengadilan dan tuduhan yang tidak jelas.

Surat terbuka yang diterbitkan di All Arab News berbunyi:

Presiden Mahmoud Abbas yang terhormat:

Pendeta Johnny Shahwan adalah seorang pendeta Kristen Injili Palestina yang tinggal di daerah Betlehem dan melayani komunitas Kristen.

Pada 2 Maret, Otoritas Palestina menangkapnya, memasukkannya ke penjara, dan menutup kantor pusat kementeriannya di Beit Jala. Namun, hingga saat ini, tidak ada tuntutan resmi yang diajukan kepadanya.

Faktanya adalah bahwa Shahwan tidak melakukan sesuatu yang ilegal atau tidak bermoral. Seorang Kristen yang taat dan seorang Palestina yang setia, dia telah dituduh secara tidak adil.

Namun dia tetap di penjara, dan sekarang seorang hakim Palestina telah memperpanjang penahanan pendeta setidaknya hingga 23 Mei. Ini salah, ini adalah pelanggaran terhadap hak asasi manusia, hak sipil dan kebebasan beragama pria Palestina ini.

Pendeta sedang menderita. Begitu juga istrinya, Marlene, dan keluarga mereka. Saatnya membebaskan Shahwan, sekarang.

Kisah ini mulai menarik perhatian tidak hanya media lokal tetapi internasional. Semakin lama pemenjaraan berlangsung, semakin banyak perhatian media yang akan mengangkat cerita tersebut, merusak reputasi Otoritas Palestina karena melanggar hak-hak orang Kristen Palestina yang tidak bersalah.

Banding akan diajukan pada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, Vatikan, Raja Yordania Abdullah II, Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi dan teman-teman lain dari Otoritas Palestina di seluruh dunia untuk campur tangan, meminta mereka memberikan tekanan pada Anda untuk memperbaiki ketidakadilan ini secara langsung.

Kenapa menunggu? Mengapa tidak membebaskan warga Palestina yang tidak bersalah ini hari ini?

Mengapa pendeta Shahwan ditangkap?

Tuan Presiden, inilah ceritabagaimana Shahwan ditangkap di tempat pertama.

Khaled Abu Toameh, seorang jurnalis Muslim Arab yang telah meliput urusan Palestina selama beberapa dekade, merangkum situasi tersebut dalam laporannya pada 24 Maret untuk Gatestone Institute.

Shahwan, seorang pendeta yang menjalankan Beit Al-Liqa (Rumah Pertemuan) di kota Beit Jala, tepat di luar Betlehem, ditangkap karena bertemu dengan seorang Yahudi yang sebelumnya menjabat sebagai anggota parlemen Israel, Knesset.

Beit Al-Liqa, yang meliputi wisma tamu dan pusat penitipan anak, ditutup oleh pasukan keamanan PA karena diduga menjadi tuan rumah pertemuan antara Shahwan dan Yehuda Glick, seorang rabi, politisi dan aktivis, yang merupakan anggota Knesset yang mewakili Partai Likud.

Keesokan harinya, orang-orang bersenjata tak dikenal melepaskan beberapa tembakan ke Rumah Pertemuan sebagai protes atas pertemuan antara pendeta dan rabi. Tidak ada yang terluka.

Pendeta itu ditangkap tak lama setelah banyak warga Palestina menyatakan kemarahannya atas pertemuan yang dia adakan di Beit Al-Liqa dengan Glick, seorang kelahiran Amerika. Palestina menuduh Shahwan mempromosikan normalisasi dengan "entitas Zionis" dan menyambut "pemukim Zionis ekstremis" ke pusat di Beit Jala.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Beit Al-Liqa pada 2 Maret 2022 mengklaim bahwa Shahwan dan warga Palestina lainnya tidak mengetahui identitas Glick ketika mereka membuka pintu untuk tamu. Pernyataan (mengatakan) bahwa Glick menyelinap ke pusat dengan sekelompok pengunjung ketika “Beit Al-Liqa menjamu sekelompok turis Jerman… Di akhir pertemuan dengan Pendeta Johnny Shahwan, orang tak dikenal (Glick) tiba-tiba masuk dan meminta untuk 'selfie' dengan Shahwan dan para turis. Kami tidak mengetahui kehadiran orang Zionis ekstremis ini, dan dia bukan bagian dari rencana perjalanan kelompok tersebut.”

Abu Toameh melaporkan bahwa “permohonan oleh para pemimpin komunitas Kristen di Betlehem untuk pembebasan Shahwan dari penjara telah sepenuhnya diabaikan oleh kepemimpinan PA, yang tampaknya takut akan serangan balasan dari Islamis dan kelompok radikal lainnya jika berani melepaskannya pendeta.”

Waktunya untuk Bertindak.

Tuan Presiden, tidak ada warga Palestina, Kristen atau Muslim, yang haknya dilanggar oleh Otoritas Palestina.

Jika Anda dan anggota PA lainnya dapat bertemu dengan pejabat dan warga Israel, seharusnya tidak menjadi kejahatan bagi warga Palestina untuk bertemu dengannya.

Namun dalam hal ini, Shahwan bahkan tidak berniat untuk bertemu dengan seorang Israel. Dia hanya menunjukkan keramahan kepada sekelompok turis asing, dan kepada orang asing yang tidak dia kenal dan tidak diundang ke rumah ibadahnya.

Saatnya beraksi, Pak. Tolong bebaskan Shahwan hari ini, dan akhiri penderitaannya, penderitaan keluarganya dan penderitaan komunitasnya. Orang-orang Palestina menghadapi cukup banyak masalah di dunia yang sulit ini.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home