Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 10:55 WIB | Sabtu, 07 Oktober 2023

Tim Perahu Naga Indonesia Nomor 1000 Meter Putra Raih Emas, Kalahkan China

Tim perahu naga Indonesia berselebrasi setelah memasuki garis finis pada grand final 1000 meter putra Asian Games 2022 di Wenzhou Dragon Boat Centre, Wenzhou, China, hari Jumat (6/10/2023). (Foto: Antara)

HANGZHOU, SATUHARAPAN.COM-Tim perahu naga Indonesia pada hari Jumat (6/10) merebut medali emas nomor 1000 meter putra Asian Games Hangzhou, dan mereka mematahkan dominasi tim China.

Di arena Wenzhou Dragon Boat Centre, Andri Agus Mulyana dan kawan-kawan menahan diri sebelum menyerang pada tahap akhir dan menyelesaikan lomba jarak panjang tersebut dengan catatan 4:31,135.

Selepas start hingga melintasi titik 250 meter, tim Indonesia tertinggal di peringkat lima sebelum memperbaiki posisi mereka dengan masuk ke posisi kedua, membuntuti China yang memimpin separuh jalan.

Pada 500 meter terakhir, tim Indonesia mengejar tim tuan, dan para pedayung Indonesia beradu cepat dan melintasi finis 0,047 detik lebih awal dari China.

Andri juga mengungkapkan tim perahu naga putra mendapat tambahan semangat setelah ditemui langsung oleh Ketua Umum PB PODSI Basuki Hadimuljono pada malam hari sebelum laga final hari ini. "Itu memberikan dukungan motivasi yang kuat kepada kami," tambahnya.

Sementara itu tim putri mempersembahkan medali perak dari nomor 1000 meter setelah kalah hampir empat detik dari tim putri China.

Medali emas itu menjadi prestasi tertinggi tim perahu naga Indonesia di Asian Games Hangzhou setelah seluruh nomor selesai dilombakan.

Sebelumnya pada Rabu (4/10), Indonesia mengamankan satu medali perak perahu naga nomor 200 meter putri dan satu perunggu nomor 200 meter putra.

Pada hari Kamis Indonesia meraih dua medali perak dari nomor 500 meter putra dan putri.

China keluar sebagai juara umum cabang perahu naga Asian Games 2022 dengan koleksi lima emas dan satu perak.

Sampai hari Jumat Indonesia berada di peringkat ke-13 dengan 35 medali (tujuh emas, 11 perak dan 17 perunggu.)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home