Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 18:43 WIB | Rabu, 21 November 2018

Tingkatkan Kualitas Mutu Obat Tradisional, LIPI Resmikan Fasilitas CPOTB

Ilustrasi. Seorang peneliti sedang bekerja di Gedung Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik yang didirikan LIPI, merupakan salah satu teknik pembuatan obat yang penting dilakukan untuk menjamin kualitas obat tradisional. (Foto: lipi.go.id)

SERPONG, SATUHARAPAN.COM – Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB), adalah salah satu teknik pembuatan obat yang penting dilakukan untuk menjamin kualitas obat tradisional.

"Gedung CPOTB ini diharapkan bisa memfasilitasi mitra LIPI untuk melakukan product development dengan investasi investasi serendah mungkin," kata Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko saat meresmikan fasilitas CPOTB pada Senin (19/11) di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Handoko mengatakan, dengan adanya fasilitas CPOTB nantinya bisa menumbuhkan ekonomi kreatif, karena mayoritas industri obat tradisional adalah usaka kecil dan menengah yang biasanya menghadapi kesulitan untuk memiliki fasilitas seperti CPOTB.

“Seluruh fasilitas riset yang dimiliki oleh LIPI, dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kebutuhan masyarakat. Untuk fasilitas CPOTB tentunya untuk digunakan akademisi dan industri,” kata Handoko.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI, Agus Haryono, mengatakan ada peraturan dari BPOM yang mengharuskan industri obat untuk menggunakan standar CPOTB dalam memproduksi obat tradisionalnya. “Bayangkan untuk perusahaan obat tradisional yang skala mikro tentunya kesulitan mendirikan fasilitas CPOTB ini. Untuk itulah, kami berharap fasilitas ini bisa membantu usaha industri jamu atau obat tradisional untuk mengembangkan produknya,” kata Agus.

Agus menambahkan, apabila selama ini bahan baku obat ada yang impor seperti metil sinamat, maka dengan adanya fasilitas CPOTB ini bisa kita peroleh dengan bahan baku dari rempah-rempah kita.

“Tidak hanya untuk riset pengembangan obat dan jamu tradisional, fasilitas ini juga memberikan ruang juga pada penelitian untuk pangan fungsional dengan menggunakan fasilitas CPOTB ini,” kata Agus. (lipi.go.id)

 

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home