Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 13:21 WIB | Jumat, 24 Februari 2023

Tips Diet Sehat Melawan Cyber Crime

Tips Diet Sehat Melawan Cyber Crime
Cover artikel (Foto : BPKPENABURJakarta)
Tips Diet Sehat Melawan Cyber Crime
web banner (Foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM,  Apakah kamu termasuk salah satu pengguna setia internet? Jika iya, waspadalah karena bisa jadi kejahatan siber atau lebih dikenal dengan cyber crime dapat mengincarmu.

Cyber crime bukan hanya soal penipuan atau pencurian data digital, namun termasuk juga penyebaran konten yang melanggar hukum. Mungkin kamu berpikir bahwa mengunggah sebuah konten adalah hal yang sah-sah saja selama dilakukan di akun pribadi, namun kalau kamu tidak berhati-hati, bisa jadi konten tersebut bertentangan dengan UU ITE dan membawamu tersandung masalah hukum.

Di sisi lain, konten yang sudah dipublikasikan di internet juga dapat mengganggu kesehatan mentalmu. Oleh karenanya, sama seperti diet sehat yang diperlukan untuk kesehatan tubuh, kita pun perlu memilah konten yang dikonsumsi supaya mental tetap sehat.

Untuk menghindari dampak negatif dalam menggunakan internet bagi kesehatan mental, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan :

  1. Fokus pada konten yang menghibur dan bermanfaat untukmu

Ketika diberikan kebebasan menggunakan internet, sebaiknya ikutilah akun yang mempublikasikan konten informatif sesuai dengan minatmu.

Misalkan konten petualangan, kuliner atau stand up comedy yang dapat membuat suasana hati senang dan tidak overthinking.

  1. Berhenti sejenak sebelum jari bertindak

Ketika hendak membagikan informasi ke media sosial, sebaiknya kamu cari tahu dulu kebenaran informasi tersebut lewat sumber-sumber terpercaya, seperti media online, TV, maupun radio. Ingat, jarimu harimaumu!

  1. Berempatilah dengan keadaan orang lain

Saat melihat sebuah unggahan, cobalah untuk menempatkan dirimu pada permasalahan orang tersebut. Dengan cara itu, rasa empati kamu kepada orang lain pun ikut meningkat, sehingga ketika ingin mempublikasikan konten di media sosial kamu dapat mempertimbangkan perasaan orang lain.

  1. Stop mengikuti konten negatif

Ketika muncul konten negatif di media sosial, sebaiknya abaikan dan jangan meninggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan menuruti rasa ingin tahumu, karena dengan begitu akan menghentikan pelaku cyber crime mempublikasikan konten.

Jadi, ketika seseorang mengunggah isu berisi konten yang kurang tepat, langsung menegur orang tersebut lewat kolom komentar bukanlah hal yang benar untuk dilakukan. Sebaiknya  aktifkan fitur “mute”, “report”, atau “block” pada konten media sosial yang dirasa menggangu dirimu.

Kamu ingin tahu lebih banyak mengenai cyber crime dan cara mengatasinya? Yuk, saksikan webinar BPK PENABUR Jakarta "Cyber Crime Against Children", Sabtu, 25 Februari 2023, Pukul 10.00-12.00 WIB di YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta. Menghadirkan Muhammad Nuh Al-Azhar, Kepala Bagian Mutu Puslabfor Bareskrim Polri dan Alexander Marcel, Solution Architect, Engineering di Meta (Facebook, Instagram, WhatsApp) sebagai narasumber. Jangan lupa ajak orangtuamu ya!

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home