Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 14:23 WIB | Jumat, 23 September 2016

TNI Proses Pengunduran Diri Agus Yudhoyono

Putra sulung Yudhoyono Mayor Inf. Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) beserta isterinya Annisa Yudhoyono (kedua kiri) dan putra bungsu Edhie Baskoro Yudhoyono (kanan) beserta isterinya Aliya Yudhoyono (kedua kanan). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPA.COM – Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI, Sabrar Fadhilah, membenarkan bahwa Mayor Inf, Agus Harimurti Yudhoyono, mengundurkan diri dari kedinasan militer.

“Memang benar bahwa Mayor Inf Agus Harimurti sedang dalam proses pengunduran diri dari dinas militer,” kata Sabrar saat dihubungi wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Jumat (23/9).

‪Menurut Sabrar, ada mekanisme yang mengatur dan saat ini dalam proses prosedural oleh yang bersangkutan.

‪”Kewenangan pemberhentian dengan hormat dari dinas keprajuritan untuk level perwira menengah secara berjenjang, sudah diatur untuk dilalui mulai dari lingkungan TNI AD sampai ke Mabes TNI," kata dia.

Menurut Sabrar, tidak ada ikatan dinas setelah Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI. Karena ikatan dinas bagi perwira karier hanya satu kali sejak masa dia menjabat.

Nggak benar ada ikatan dinas. Benar ada aturan tentang masa dinas bagi perwira karier 10 tahun. Sudah nggak ada embel-embel lagi, itu saja. Perwira non karier lebih pendek, boleh memperpanjang," kata dia.

Agus merupakan perwira karier lulusan Akmil 2000. Dengan aturan itu, dia sudah menyelesaikan ikatan dinasnya dan Agus baru saja lulus dari sekolah komando di Amerika Serikat tahun lalu.

“Diberhentikan secara hormat karena bukan kesalahan, mengajukan sendiri juga. Dan tidak ada persoalan yang dihadapi. Kalau waktu relatif, nggak ada waktu saklek seperti membuat SIM, ada yang sehari, tapi mungkin ada yang seminggu. Tergantung. Karena mungkin dinamika yang dibutuhkan cepat bisa saja cepat, yang penting semua prosedur dilalui," kata dia.

Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni dinilai sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ideal untuk maju dalam Pilkada DKI 2017 oleh keempat partai yang mengusung mereka yakni PPP, PAN, PKB, dan Partai Demokrat.

“Dua orang ini adalah pasangan ideal, kombinasi seorang (prajurit) militer dipadu birokrat berpengalaman,” kata Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy kepada wartawan di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jumat (23/9) pagi.

Agus Yudhoyono adalah penerima Adhi Makayasa -- lulusan terbaik Akademi Militer -- angkatan 2000.

ia memiliki tiga gelar master dari tiga universitas terkemuka yakni Nanyang Technological University (Singapura), Harvard University dan Webster University (Amerika Serikat).

“Ini adalah modal dasar yang baik dengan pribadinya yang santun, ucapan-ucapan yang terukur, serta memiliki visi yang dibutuhkan warga Jakarta," kata Romi.

Editor: Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home