Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:41 WIB | Kamis, 22 September 2016

Pilkada DKI Kemungkinan Diikuti Dua Pasangan Calon

Ketua Bidang Pertahanan Keamanan dan Hubungan Internasional PDI-P Andreas H Pariera (tengah) bersama Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi (kiri) dan Ketua Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (LPP UI) Hamdi Muluk (kanan) memberikan paparan hasil survei dan diskusi yang bertajuk Menakar Kandidat DKI 1 di Jakarta, Senin (1/8). Dalam paparannya, hasil dari survei yang dilakukan menghasilkan Basuki Tjahaja Purnama, Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini menjadi tiga kandidat terbaik calon Gubernur DKI Jakarta 2017 dilihat dari dua dimensi yang harus dimiliki oleh pemimpin politik yaitu kapabilitas dan karakter personal. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pilkada DKI Jakarta kemungkinan besar hanya diikuti dua pasangan calon yakni pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama/Djarot Saiful Hidayat serta satu pasangan lagi diusung oleh partai-partai dari koalisi kekeluargaan.

"Ketua Umum dari empat partai politik yakni, PD, PAN, PKB, dan PPP bertemu di kediaman ketua umum Partai Demokrat tadi malam, sepakat mengusung satu pasangan," kata Wakil Ketua Umum DPP PPP, Arwani Thomafi pada diskusi "Dialektika Demokrasi: Dinamika Politik Jelang Pilkada Serentak 2017" di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, hari Kamis (22/9).

Menurut Arwani, pada diskusi malam, ketua umum dari empat parpol menyebut beberapa nama penting disepakati menjadi satu pasang yang akan diusung menjadi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Anggota Komisi II DPR RI ini menambahkan, pada pertemuan di kediaman Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (21/9) malam, keempat ketua umum partai politik itu juga berkomunikasi melalui telepon seluler dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto serta Presiden PKS Shohibul Iman.

"Gerindra dan PKS pada prinsipnya sepakat mengusung satu pasangan calon, tapi akan membicarakan nama pasangan calon yang akan diusung," katanya.

Beberapa nama penting yang masuk dalam daftar pembicaraan adalah, Yusril Ihza Mahendra, Anis Baswedan, Sandiaga Uno, Silviana Murni, M Saefullah, dan Agus Harrymurti Yudhoyono.

Menurut Arwani, dalam pembicaraan dengan Gerindra dan PKS prinsipnya sepakat mengusung satu pasangan.

"Pembicaraan lebih banyak pada posisi siapa calon gubernur dan siapa calon wakilnya," katanya.

Arwani menambahkan, kalaupun Gerindra dan PKS tidak sepakat, kemungkinan akan ada tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada pilkada serentak 2017.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan KPU Pusat, KPU DKI Jakarta membuka pendaftaran pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, pada 21-23 September 2016. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home