Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 13:11 WIB | Sabtu, 07 April 2018

Tokoh-tokoh Komik Hadir di Comic Con Dubai

Warga Uni Emirat Arab berbaur dengan ekspatriat di Dubai dari India, Inggris, hingga Nigeria di Festival Komik, Buku, dan Selebritas Comic Con di Dubai, 5 - 7 April 2018. (Foto: openews24)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM – Mengenakan jubah tradisional, kacamata hitam gelap, dan kumis palsu, cosplayer bersembunyi di sudut, menyamar sebagai agen FBI di Timur Tengah: “selamat datang di Comic Con di Dubai”.

Kalimat di atas adalah teras cerita di New Straits Times, tentang penyelenggaraan Middle East Film and Comic Con yang ketujuh di Dubai, Uni Emirat Arab. Festival buku komik, kostum, dan selebritas itu berlangsung sejak Kamis (5/4) lalu hingga Sabtu (7/4) ini.  

Puluhan anak muda tampil dalam balutan tokoh komik terbaik mereka. Memimpin acara tahun ini adalah Kristian Nairn, aktor asal Irlandia Utara dan DJ yang terkenal memerankan tokoh Hodor dari Game of Thrones produksi HBO, bersama aktor Amerika Ezra “The Flash” Miller, dan aktris Inggris yang tampil dalam film Doctor Who (2005), Jenna Coleman.

Penyelenggara sejak awal menargetkan acara itu mampu menarik sekitar 70.000 penggemar budaya geek, non-mainstream itu, untuk berjumpa sekilas dengan bintang favorit mereka.

Saad Ibrahim, warga Uni Emirat Arab, meluangkan waktu datang bersama dua putranya, mengenakan kostum Star Wars dari kepala hingga kaki: ayah sebagai Anakin Skywalker, dan dua anak laki-lakinya sebagai penduduk desa Darth Vader dan Kylo Ren.

“Kami membawa anak-anak untuk bersenang-senang,” katanya, seraya menambahkan ia membawa keluarganya menghadiri acara tersebut setiap tahun. “Sangat menyenangkan, dan mereka mendapat kesempatan untuk bertemu pahlawan super mereka.”

DC Comics dan Marvel Cinematic Universe, dua raksasa di bidang ini, keduanya menikmati popularitas luas di Timur Tengah, yang juga merupakan rumah bagi penggemar luas dari anime Jepang.

Banyak penggemar berpakaian sebagai karakter anime.

Paviliun Jepang, seperti diberitakan Kanto Berita NHK, menjual barang-barang yang berkaitan dengan “idola virtual” Hatsune Miku. Sebuah toko buku menjual edisi bahasa Inggris buku-buku komik Jepang.

Para penggemar mendapat kesempatan memborong barang-barang berdasarkan karakter favoritnya. Turut ambil bagian dalam acara tersebut perusahaan produksi Arab Saudi yang terlibat dalam bisnis hiburan patungan dengan Jepang.

Pasar Siap Tumbuh

“Timur Tengah adalah pasar yang belum tersentuh ini dan itu sangat besar,” kata Suzy Pallet dari grup acara multinasional Informa, yang mengorganisir edisi Com Comic Timur Tengah, kepada New Straits Times.

Dan, pasar, menurut orang dalam industri, siap untuk tumbuh.

“Dari sudut pandang sejarah, mereka dibesarkan bersama dunia anime, mereka dibesarkan di dunia komik, dan itu tumbuh menjadi rasa cinta ini,” katanya kepada AFP.

Pada pembukaan, warga Emirat berbaur dengan anggota berbagai komunitas ekspatriat Dubai dari India, Inggris, hingga Nigeria.

Sanaa, seorang ekspatriat India, yang datang mengenakan wig merah muda cerah, mengatakan, “Menyenangkan sekali. Orang-orang bertemu dan belajar tentang lebih banyak komik. Anak-anak belakangan ini tidak tahu apa-apa tentang buku komik.”

Didirikan pada tahun 1970 sebagai Konvensi Buku Komik Golden State, San Diego Comic-Con sekarang menjadi acara tahunan utama di dunia komik, menampilkan panel dan lokakarya yang dipimpin oleh bintang-bintang film dari film yang diadaptasi dari industri komik ini.

Comic-Con sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia, dan seperti diberitakan AFP, bahkan hingga ke negara konservatif Arab Saudi, yang tahun lalu menjadi tuan rumah versi pertama dari acara tersebut.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home