Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:29 WIB | Kamis, 02 Mei 2024

Kota-kota Oklahoma Terdampak Parah Tornado, Empat Orang Tewas

Orang-orang menyaksikan kerusakan akibat tornado di Sulphur, Oklahoma, hari Minggu (28/4). (Foto: Bryan Terry/The Oklahoma via AP)

SULPHUR-OKLAHOMA, SATUHARAPAN.COM-Kota-kota kecil di Oklahoma memulai pembersihan pada hari Senin (29/4)setelah tornado meratakan rumah dan bangunan serta menewaskan empat orang, termasuk seorang bayi, sehingga memperluas wabah cuaca buruk yang merusak di seluruh wilayah tengah Amerika Serikat.

Badai dahsyat yang dimulai hari Sabtu (27/4) malam di Oklahoma melukai sedikitnya 100 orang, merusak rumah sakit pedesaan, menghanyutkan jalan-jalan dan memutus aliran listrik ke lebih dari 40.000 pelanggan, kata para pejabat negara bagian. Tornado pada hari Jumat (26/4) di Iowa dan Nebraska juga menyebabkan kerusakan luas dan menyebabkan satu kematian.

Kerusakan parah terjadi di Sulphur, sebuah kota berpenduduk sekitar 5.000 orang di selatan Kota Oklahoma, tempat tornado merobohkan banyak bangunan di pusat kota, melemparkan mobil dan bus, serta merobohkan atap rumah dalam radius 15 blok.

“Anda tidak dapat mempercayai kehancuran yang terjadi,” kata Gubernur Oklahoma, Kevin Stitt, saat berkunjung ke kota yang terkena dampak paling parah tersebut. “Sepertinya semua bisnis di pusat kota telah hancur.”

Stitt mengatakan sekitar 30 orang terluka di Sulphur, termasuk beberapa orang yang berada di bar saat tornado melanda. Rumah sakit di seluruh negara bagian melaporkan sekitar 100 orang terluka, termasuk orang-orang yang tampaknya tertusuk atau terkena puing-puing, menurut Departemen Manajemen Darurat Oklahoma. Seorang bayi termasuk di antara korban tewas, kata Direktur Manajemen Darurat Hughes County, Mike Dockrey, kepada stasiun televisi Oklahoma, KOCO.

Pejabat Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden berbicara dengan Stitt pada hari Minggu (28/4) dan menawarkan dukungan penuh dari pemerintah federal.

Cuaca mematikan di Oklahoma menambah lusinan laporan tornado yang telah menimbulkan malapetaka di bagian tengah negara itu sejak Jumat. Kematian lainnya dilaporkan pada hari Minggu di Iowa, di mana para pejabat di Pottawattamie County mengatakan seorang pria yang terluka parah akibat tornado pada hari Jumat telah meninggal.

Di Oklahoma, pihak berwenang mengatakan tornado di Sulphur dimulai di taman kota sebelum melanda pusat kota, membalikkan mobil dan merobek atap dan dinding bangunan bata. Jendela dan pintu diledakkan dari bangunan yang masih berdiri.

“Bagaimana cara membangunnya kembali? Ini benar-benar kehancuran,” kata Kelly Trussell, yang sudah lama tinggal di Sulphur saat mengamati kerusakan yang terjadi. “Gila, kamu ingin membantu tapi harus mulai dari mana?”

Carolyn Goodman melakukan perjalanan ke Sulphur dari kota terdekat Ada untuk mencari mantan saudara iparnya, yang menurut Goodman berada di bar setempat tepat sebelum tornado melanda daerah tersebut. Stitt mengatakan salah satu korban ditemukan di dalam bar namun pihak berwenang belum mengidentifikasi korban tewas.

“Bar-nya hancur,” kata Goodman. “Saya tahu mereka mungkin tidak akan menemukannya hidup… tapi saya harap dia masih hidup.”

Lebih jauh ke utara, tornado di dekat kota Holdenville menewaskan dua orang dan merusak atau menghancurkan lebih dari selusin rumah, menurut Layanan Medis Darurat Hughes County. Seorang lainnya tewas di sepanjang Interstate 35 dekat kota Marietta di Oklahoma selatan, kata para pejabat negara bagian.

Hujan deras yang melanda Oklahoma disertai tornado juga menyebabkan banjir yang berbahaya. Di luar Sulfur, kenaikan permukaan danau menutup Kawasan Rekreasi Nasional Chickasaw, tempat badai menyapu jembatan penyeberangan.

Stitt mengeluarkan perintah eksekutif pada hari Minggu yang menyatakan keadaan darurat di 12 wilayah akibat dampak cuaca buruk.

Di gym Sulphur High School, tempat keluarga-keluarga berlindung dari badai, Jackalyn Wright mengatakan dia dan keluarganya mendengar suara seperti helikopter ketika tornado mendarat di atas mereka.

Chad Smith, 43 tahun, mengatakan orang-orang berlarian ke gym saat angin bertiup kencang. Hujan mulai datang lebih cepat dan pintu dibanting hingga tertutup. “Beri saya bir dan kursi taman dan saya akan duduk di luar dan menontonnya,” kata Smith. Sebaliknya, dia berlindung.

Warga di negara bagian lain juga berupaya menyelamatkan diri dari kerusakan akibat badai. Tornado di pinggiran kota Omaha, Nebraska, menghancurkan rumah-rumah dan tempat usaha pada hari Sabtu ketika bergerak bermil-mil melalui lahan pertanian dan masuk ke subdivisi, kemudian menghantam sebuah kota di Iowa.

Kerusakan akibat tornado dimulai Jumat sore di dekat Lincoln, Nebraska. Sebuah bangunan industri di Lancaster County dihantam, menyebabkan bangunan tersebut runtuh dengan 70 orang di dalamnya. Beberapa orang terjebak, tetapi semua orang dievakuasi, dan tiga korban luka tidak mengancam jiwa, kata pihak berwenang.

Satu atau mungkin dua tornado kemudian menghabiskan waktu sekitar satu jam untuk merayap menuju Omaha, meninggalkan kerusakan yang konsisten dengan angin puting beliung EF3, dengan kecepatan angin 135 hingga 165 mph (217 hingga 265 kpj), kata Chris Franks, ahli meteorologi di kantor Layanan Cuaca Nasional di Omaha. .

Gubernur Nebraska, Jim Pillen, dan Gubernur Iowa, Kim Reynolds, menghabiskan hari Sabtu untuk meninjau kerusakan dan mengatur bantuan bagi komunitas yang terkena dampak. Penilaian kerusakan secara formal masih dilakukan, namun negara bagian berencana untuk mencari bantuan federal. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home