Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:44 WIB | Minggu, 27 Agustus 2023

Trump Hadapi Dakwaan Pidana, Diproses di Penjara Atlanta

Anggota pasukan keamanan mengendarai sepeda motor saat iring-iringan mobil mantan Presiden AS Donald Trump berangkat setelah dia menyerahkan diri untuk diproses di Penjara Fulton County setelah dakwaan di Georgia, di Atlanta, Georgia, AS, 24 Agustus 2023. (Foto: Reuters)

GEORGIA, SATUHARAPAN.COM-Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, didakwa di penjara Atlanta pada hari Kamis (23/8) atas lebih dari selusin tuduhan kejahatan sebagai bagian dari kasus kriminal luas yang berasal dari upayanya untuk membalikkan kekalahannya dalam pemilu tahun 2020 di Georgia.

Trump, narapidana no. P01135809, menurut catatan Penjara Fulton County, menghabiskan sekitar 20 menit di dalam penjara, di mana pihak berwenang mengatakan mereka akan mengambil fotonya.

Ini merupakan yang pertama bagi Trump, yang tidak harus duduk untuk berfoto ketika menjawab dakwaan dalam tiga kasus pidana lainnya.

Sebelum menaiki pesawat pribadinya di bandara Hartsfield-Jackson di Atlanta setelah pemesanan, Trump mengulangi klaimnya bahwa penuntutan, bersama dengan jaksa dalam dakwaan lain yang dia hadapi, bermotif politik.

“Apa yang terjadi di sini adalah parodi keadilan,” katanya kepada wartawan. “Saya tidak melakukan kesalahan apa pun, dan semua orang mengetahuinya.”

Trump, 77 tahun, telah memasuki wilayah yang belum pernah dipetakan sebagai mantan presiden AS pertama yang menghadapi tuntutan pidana, bahkan ketika ia kembali berkampanye untuk menduduki Gedung Putih tahun depan.

Namun, alih-alih merugikan pencalonannya, empat kasus yang diajukan terhadapnya justru memperkuat posisinya di kalangan pemilih Partai Republik. Dia memimpin jajak pendapat dalam perebutan nominasi Partai Republik untuk menantang Presiden Demokrat Joe Biden pada pemilu November 2024.

Lusinan pendukungnya, sambil mengibarkan spanduk Trump dan bendera Amerika, berdesak-desakan untuk melihat Trump tiba di penjara. Di antara para pendukung Trump yang berkumpul di luar adalah Perwakilan AS dari Georgia, Marjorie Taylor Greene, salah satu sekutu paling setia mantan presiden di Kongres.

Lyle Rayworth, 49 tahun, yang bekerja di industri penerbangan di wilayah Atlanta, telah menunggu di dekat penjara selama 10 jam, sejak Kamis pagi. “Ya, saya berharap dia melihat saya mengibarkan bendera, menunjukkan dukungan,” kata Rayworth sambil menunggu kedatangan Trump. “Dia membutuhkan kita.”

Foto tersebut, yang tidak segera dipublikasikan, menambahkan Trump ke dalam jajaran gangster Al Capone, penyanyi Frank Sinatra, dan orang Amerika terkenal lainnya yang pernah berpose untuk foto-foto di penjara.

Gambar tersebut pasti akan disebarkan secara luas oleh musuh dan pendukung Trump.

Foto Yang Lebih Popule Ketimbang Mona Lisa

“Kami ingin memakainya di T-shirt. Ini akan menyebar ke seluruh dunia. Ini akan menjadi gambar yang lebih populer daripada Mona Lisa,” kata Laura Loomer, 30 tahun, mantan kandidat anggota Kongres dari Partai Republik yang berbaur dengan pendukung Trump lainnya di luar penjara pada Kamis pagi.

Sebelumnya pada hari yang sama, Hakim Scott McAfee menetapkan tanggal persidangan pada 23 Oktober untuk salah satu dari 18 terdakwa Trump, pengacara Kenneth Chesebro, setelah Jaksa Wilayah Fulton County, Fani Willis, mengusulkan tanggal tersebut sebagai tanggapan atas permintaan Chesebro untuk persidangan yang cepat. Perintah hakim mengatakan jadwal tersebut belum berlaku untuk Trump atau terdakwa lainnya.

Setidaknya 10 orang terdakwa lainnya sudah didakwa. Beberapa orang, seperti Rudolph Giuliani, mantan walikota New York, berwajah kaku dalam foto mereka, sementara yang lain, seperti pengacara Jenna Ellis, tersenyum ke arah kamera.

Ke-19 terdakwa menghadapi batas waktu hari hari Jumat untuk menyerah. Catatan pengadilan menunjukkan bahwa Mark Meadows, yang menjabat sebagai kepala staf Gedung Putih Trump, diproses di penjara pada hari Kamis.

Penjara ini terkenal dengan kondisinya yang suram sehingga menginspirasi lagu-lagu rap dan mendorong penyelidikan oleh Departemen Kehakiman AS.

Trump menghadapi 13 dakwaan kejahatan dalam kasus Georgia, termasuk pemerasan, yang biasanya digunakan untuk menargetkan kejahatan terorganisir, karena menekan pejabat negara untuk membatalkan kekalahannya dalam pemilu dan membentuk daftar pemilih yang tidak sah untuk melemahkan sertifikasi formal kongres atas kemenangan Biden pada tahun 2020. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home