Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:43 WIB | Kamis, 01 September 2016

Trump Tegaskan Meksiko akan Danai Pembangunan Tembok Pembatas

Capres Amerika Serikat Donald Trump (kanan) menyampaikan pernyataan saat jumpa pers bersama Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto di Mexico City, 31 Agustus 2016. Trump berada di Meksiko untuk bertemu Presiden Pena dalam langkah untuk menunjukan bahwa meski sang capres adalah penentang keras imigrasi ilegal namun dia tidak memiliki rasa xenofobia. Trump membuat kejutan saat dia mengumumkan kunjungan ke Meksiko pada Selasa malam untuk bertemu presiden negara itu yang juga pengkritik kerasnya. (Foto: AFP)

PHOENIX, SATUHARAPAN.COM - Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump pada Rabu (31/8) menegaskan bahwa Meksiko akan membayar tembok pembatas yang rencananya akan dia bangun jika dia terpilih, dalam sebuah pidato yang disampaikan setelah bertemu dengan Presiden Meksiko.

“Meksiko akan membiayai pembangunan tembok itu, percayalah,” kata Trump di Phoenix. “Sekarang mereka belum tahu tapi mereka akan membayar tembok tersebut.”

Berbicara di Phoenix, miliarder tersebut juga menyampaikan rencana imigrasinya yang termasuk mendeportasi imigran dengan catatan kriminal dan mencabut perintah eksekutif Presiden Barack Obama yang melindungi jutaan imigran gelap.

Beberapa jam sebelumnya, Trump bertemu dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan mengatakan keduanya tidak membahas siapa yang akan membiayai pembangunan tembok tersebut. Namun, Pena Nieto menentang Trump dengan mencuit bahwa dia mengatakan kepada calon dari Partai Republik itu dalam pertemuan mereka bahwa Meksiko tidak akan mendanai pembangunan tersebut.

“Di awal pembicaraan dengan Donald Trump saya menegaskan bahwa Meksiko tidak akan mendanai pembangunan tembok itu,” cuit Pena Nieto di Twitter setelah Trump berangkat dari Mexico City ke Phoenix.

Dalam pidatonya, Trump mengungkapkan rencana untuk mengusir imigran ilegal, janji utama dalam kampanye presidennya. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home