Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:39 WIB | Rabu, 26 Januari 2022

Turki Akan Ganti Nama Negara Menjadi Türkiye.

Alasannya, dalam bahasa Inggris ada makna negatif, dan akan didaftarkan ke PBB dalam beberapa pekan ke depan.
Presiden Turki (Türkiye), Recep Tayyip Erdogan. (Foto: dok. Ist)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Para pejabat Turki ingin mengubah citra negara itu dengan mengganti nama negara menjadi Türkiye. Dan itu adalah cara terbaik untuk mewakili bangsa, kata Presiden Turki, Reccep Tayyip Erdogan, menurut laporan kantor berita Anadolu.

Menurut laporan itu, Presiden Erdogan mengatakan pemerintah Turki berencana untuk mengubah nama resminya yang diakui secara internasional dalam bahasa Inggris dari Turkey menjadi Türkiye, dengan mendaftarkannya di PBB dalam beberapa pekan mendatang.

Pemerintah ingin mendaftarkan nama dengan huruf "Ü", yang tidak ada dalam alfabet Latin nominal, dan bisa menjadi masalah. Türkiye berarti atau sama artinya dengan Turki dalam bahasa Turki.

Sebuah pernyataan dari kantor Kepresidenan mengatakan bahwa kata "Türkiye" mewakili dan mengekspresikan budaya, peradaban, dan nilai-nilai bangsa dengan cara terbaik.

Dua media internasional Turki, kantor berita Anadolu dan TRT World, sekarang menggunakan "Türkiye" dalam siaran berbahasa Inggris mereka.

Beberapa komentar menyebutkan nama dalam bahasa Inggris “turkey” bisa berarti “kalkun”, dan juga bisa bermakna negatif, seperti “kegagalan.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home