Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:21 WIB | Minggu, 19 Maret 2023

Turki Akan Ratifikasi Keanggotaan Finlandia di NATO, Tapi Belum untuk Swedia

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, kanan, dan Presiden Finlandia, Sauli Niinisto, berjabat tangan saat upacara penyambutan di istana kepresidenan di Ankara, Turki, Jumat, 17 Maret 2023. Erdogan menyapa mitranya dari Finlandia di Ankara pada Jumat di tengah harapan bahwa pertemuan mereka akan berlangsung lihat Turki menyetujui tawaran keanggotaan NATO Finlandia. (Foto: AP/Burhan Ozbilici)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM-Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan bahwa pemerintahnya akan bergerak maju dengan meratifikasi aplikasi NATO untuk Finlandia, membuka jalan bagi negara itu untuk bergabung dengan blok militer sebelum Swedia.

Terobosan datang saat Presiden Finlandia, Sauli Niinisto, berada di Ankara untuk bertemu dengan Erdogan. Baik Finlandia maupun Swedia mendaftar untuk menjadi anggota NATO 10 bulan yang lalu setelah invasi Rusia ke Ukraina, mengabaikan puluhan tahun sebagai negara non blok.

NATO membutuhkan persetujuan bulat dari 30 anggotanya yang ada untuk memperluas, dan Turki dan Hongaria adalah dua negara yang belum meratifikasi tawaran negara-negara Nordik. Pemerintah Turki menuduh Swedia dan Finlandia terlalu lunak terhadap kelompok yang dianggapnya sebagai organisasi teror, tetapi menyatakan lebih banyak keberatan tentang Swedia.

“Ketika datang untuk memenuhi janjinya dalam nota kesepahaman trilateral, kami telah melihat bahwa Finlandia telah mengambil langkah otentik dan konkret,” kata Erdogan pada konferensi pers di Ankara setelah pertemuannya dengan Niinisto, hari Jumat (17/3).

“Sensitivitas untuk keamanan negara kami, dan, berdasarkan kemajuan yang telah dibuat dalam protokol untuk aksesi Finlandia ke NATO, kami telah memutuskan untuk memulai proses ratifikasi di parlemen kami,” tambah presiden.

Dengan persetujuan Erdogan, aplikasi Finlandia sekarang dapat diajukan ke parlemen Turki, di mana partai presiden dan sekutunya memegang mayoritas. Ratifikasi diharapkan sebelum Turki mengadakan pemilihan presiden dan parlemen yang dijadwalkan pada 14 Mei.

Mengomentari kesediaan Turki untuk mempertimbangkan meratifikasi aksesi Swedia ke NATO, Erdogan mengatakan itu akan “bergantung pada langkah-langkah solid yang akan diambil Swedia.”

Menjelaskan perbedaan antara negara-negara Nordik dari sudut pandang Ankara, Erdogan mengklaim bahwa Swedia telah "menerima terorisme", dan mengutip demonstrasi para pendukung militan Kurdi di jalan-jalan Stockholm. “Demonstrasi semacam itu tidak terjadi di Finlandia,” katanya. “Untuk alasan itu kami harus mempertimbangkan (Finlandia) secara terpisah dari Swedia.”

Niinisto menyambut baik kesediaan Turki untuk melanjutkan tawaran negaranya tetapi juga menyatakan solidaritas dengan tetangganya. “Saya merasa keanggotaan NATO Finlandia tidak lengkap tanpa Swedia,” katanya.

Mengacu pada KTT NATO yang dijadwalkan bulan Juli di ibu kota Lituania, Niinisto menambahkan: "Saya ingin melihat di Vilnius bahwa kita akan bertemu dengan aliansi 32 anggota."

Turki, Finlandia, dan Swedia menandatangani nota kesepahaman pada Juni tahun lalu untuk menyelesaikan perbedaan atas keanggotaan negara-negara Nordik.

Dokumen tersebut mencakup klausul yang membahas klaim Ankara bahwa Stockholm dan Helsinki tidak menganggap serius keprihatinannya dengan mereka yang dianggap teroris, terutama pendukung militan Kurdi yang telah melakukan pemberontakan selama 39 tahun di Turki dan orang-orang yang terkait dengan upaya kudeta tahun 2016 di Ankara.

Serangkaian demonstrasi terpisah di Stockholm, termasuk protes oleh seorang aktivis anti Islam yang membakar Alquran di luar Kedutaan Besar Turki, juga membuat marah para pejabat Turki.

Di Stockholm, Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billstrom, mengatakan ratifikasi terpisah atas tawaran Finlandia dan Swedia oleh Ankara adalah “perkembangan yang tidak kami inginkan tetapi itu adalah sesuatu yang kami siapkan. Kami mematuhi dan akan terus mematuhi memorandum yang dibuat antara ketiga negara kami.”

Billstrom menekankan bahwa “ini tentang kapan Swedia menjadi anggota, bukan tentang keamanan kami. Kami bahkan lebih aman sekarang daripada sebelum kami melamar keanggotaan di NATO.”

Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, dan anggota parlemen telah berjanji untuk meratifikasi aplikasi keanggotaan NATO kedua negara. Tetapi parlemen negara itu telah berulang kali menunda pemungutan suara ratifikasi.

Kepala parlemen dari partai Fidesz Orban mengatakan pada hari Jumat bahwa pemungutan suara untuk aksesi Finlandia akan diadakan pada 27 Maret. Mate Kocsis mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa anggota parlemen untuk Fidesz, yang memegang mayoritas dua pertiga di parlemen, akan "memilih dengan suara bulat mendukung .”

Niinisto tiba di Turki pada Kamis dan mengunjungi daerah-daerah yang terkena dampak gempa berkekuatan 7,8 SR yang menewaskan lebih dari 52.000 orang di Turki dan Suriah bulan lalu.

Sebelum pengumuman hari Jumat, Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson mengatakan Swedia mengharapkan “proses ratifikasi yang cepat” setelah pemilu Turki.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan keputusan itu akan memperkuat keamanan NATO, Finlandia dan Swedia. “Hal yang paling penting adalah Finlandia dan Swedia menjadi anggota penuh NATO dengan cepat, bukan apakah mereka bergabung pada waktu yang sama,” katanya.

Parlemen Turki akan memasuki reses pra-pemilihan dalam tiga pekan tetapi "proses yang dipercepat" untuk mendukung keanggotaan Finlandia di NATO diharapkan, kata Ozgur Unluhisarcikli, direktur German Marshall Fund di Ankara.

Dia memperkirakan jalan yang lebih sulit bagi Swedia setelah pemilihan, terlepas dari apakah Erdogan kembali menjabat setelah 20 tahun berkuasa atau oposisi mengambil alih.

“Sementara sekarang ada presiden yang memimpin mayoritas di parlemen, presiden berikutnya, siapa pun yang terpilih, kemungkinan besar tidak akan memiliki mayoritas di parlemen,” kata Unluhisarcikli.

Tiga aliansi politik yang terdiri dari lebih dari selusin partai ikut serta dalam pemilihan, termasuk aliansi politisi sayap kiri yang cenderung menentang NATO secara ideologis. “Sekarang cukup membujuk Presiden Erdogan, tetapi beberapa pihak perlu dibujuk setelah pemilihan,” kata Unluhisarcikli. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home