Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:23 WIB | Minggu, 31 Mei 2015

Turki Peringati Penaklukan Ottoman atas Istanbul

Para pendukung Justice and Development Party (AKP) Turki mengangkat tangan dan mengibarkan bendera Turki saat peringatan penaklukan Istanbul oleh pasukan Ottoman, 30 Mei 2015 di Istanbul. (Foto: AFP)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM - Ratusan ribu orang pada Sabtu (30/5) berkumpul di Istanbul untuk memperingati penaklukan Ottoman ke-562 di kota itu.

Kerumunan orang berkumpul untuk melaksanakan seremoni massal di pinggiran Istanbul untuk merayakan apa yang digambarkan otoritas Turki sebagai “perayaan terbesar dalam sejarah Turki modern”.

Dalam perayaan itu, angkatan bersenjata Turki membentuk brigade upacara yang terdiri dari 562 anggota berpakaian seperti tentara Ottoman. Sebuah band militer Ottoman memainkan lagu-lagu penaklukan.

Sebuah kutipan dari Al-Quran juga dibacakan di panggung saat banyak orang melambaikan bendera meneriakkan slogan-slogan yang mendukung Presiden Recep Tayyip Erdogan dan partai yang berkuas, Keadilan dan Pembangunan (AKP).

Erdogan, yang yang menjadi kepala negara itu dan beberapa hari terakhir penuh semangat berkampanye menjelang pemilihan parlemen pada 7 Juni, ikut menghadiri acara tersebut bersama Perdana Menteri Ahmet Davutoglu.

Sebelumnya ia menjadi perdana menteri selama lebih dari satu dekade dan sekarang ingin agar partainya memenangkan dua pertiga mayoritas parlemen guna mengubah konstitusi dan menciptakan sistem presidensial.

“Untuk membuat agar Turki berdiri di atas kakinya lagi adalah dengan penaklukan,” ujar Erdogan, menunjukkan bahwa 12 tahun AKP duduk dalam kekuasaan seperti kemenangan saat sultan Ottoman Fatih Sultan Mehmet menaklukkan Istanbul. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home