Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 15:28 WIB | Minggu, 31 Mei 2015

Irak Kuasai Wilayah Barat Ramadi

Pasukan keamanan mempertahankan markas mereka terhadap serangan ISIS selama badai pasir di bagian timur dari Ramadi, ibu kota provinsi Anbar. (Foto: AP)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Tentara Irak berhasil merebut kembali sebuah wilayah di sebelah barat Ramadi pada Sabtu (30/5) saat mereka memperkuat operasi untuk mengusir para militan yang merebut kota tersebut dua pekan lalu, menurut keterangan beberapa komandan.

“Tentara Irak dan Hashed al-Shaabi membebaskan gedung polisi lalu lintas di Anbar, di daerah 5K sebelah barat Ramadi setelah terlibat pertempuran sengit,” ujar seorang tentara.

Hash al-Shaabi (“mobilisasi populer” dalam bahasa Arab) adalah payung yang menaungi sebagian besar milisi serta relawan Syiah dari Iran yang memainkan peran penting dalam pertempuran Irak melawan kelompok ISIS.

“Pertempuran tersebut memaksa ISIS untuk mundur dari gedung tersebut, yang mereka gunakan sebagai markas, dan mundur kembali ke kota Ramadi,” kata tentara tersebut kepada AFP.

Tentara Irak telah melancarkan operasi yang sangat besar untuk memutus jalur pasokan militan yang menguasai sebagian besar wilayah provinsi Anbar, yang ibu kotanya adalah Ramadi di Irak barat.

“Pasukan keamanan saat ini memperketat cengkeraman mereka di Ramadi, dari bangunan polisi lalu lintas hingga ke arah barat, dari universitas hingga ke selatan juga dari beberapa sisi yang lain,” ujar kepala polisi Anbar, Hadi Rzayej. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home