Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:50 WIB | Senin, 14 November 2022

Turki Tuduh Kurdi Atas Serangan Bom di Istanbul, Enam Tewas

Anggota polisi bekerja di tempat kejadian setelah ledakan di jalan Istiklal pejalan kaki yang sibuk di Istanbul, Turki, pada hari Minggu, 13 November 2022. (Foto: Reuters)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Turki menyalahkan ekstremis Kurdi pada hari Senin (14/11) atas ledakan yang menewaskan enam orang di jalan perbelanjaan utama Istanbul, dan mengatakan polisi telah menahan 22 tersangka, termasuk orang yang menanam bom.

Menteri Dalam Negeri, Suleyman Soylu, mengatakan perintah untuk menyerang Istiklal Avenue diberikan di Kobani, sebuah kota di Suriah utara, di mana pasukan Turki telah melakukan operasi terhadap milisi YPG Kurdi Suriah dalam beberapa tahun terakhir.

Soylu menambahkan bahwa pembom telah melewati Afrin, wilayah lain di Suriah utara.

Enam warga Turki, masing-masing dua anggota dari tiga keluarga, tewas dalam serangan itu. Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab sejauh ini.

Laporan berita televisi menunjukkan gambar seseorang, yang tampaknya seorang perempuan, meninggalkan paket di bawah bunga tempat di Istiklal Avenue yang bersejarah, tempat populer bagi pembeli dan turis dengan jalur trem yang panjang.

Lima puluh orang dipulangkan dari rumah sakit setelah serangan hari Minggu, yang memicu kekhawatiran bahwa Turki dapat dihantam dengan lebih banyak pemboman dan serangan, seperti rangkaian yang dideritanya antara pertengahan 2015 dan 2017.

Istanbul telah menjadi sasaran di masa lalu oleh Kurdi, dan ekstremis kiri. Sebuah cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) mengklaim pemboman kembar di luar stadion sepak bola Istanbul pada Desember 2016 yang menewaskan 38 orang dan melukai 155 lainnya.

Dari mereka yang terluka pada hari Minggu, dua dari lima orang yang dirawat dalam perawatan intensif berada dalam kondisi kritis, kata kantor Gubernur Istanbul. Mereka termasuk di antara 31 orang terluka yang masih dirawat di rumah sakit.

Gema Serangan Masa Lalu

Ratusan orang melarikan diri dari jalan setelah ledakan pada hari Minggu, ketika ambulans dan polisi bergegas masuk. Daerah itu, di distrik Beyoglu di kota terbesar Turki, telah ramai seperti biasa pada akhir pekan.

Rekaman video yang diperoleh Reuters menunjukkan momen ledakan terjadi pada pukul 16:13 waktu setempat melontarkan puing-puing keudara dan meninggalkan beberapa orang tergeletak di tanah, sementara yang lain terjatuh.

Ankara mengatakan YPG, yang didukung Washington dalam konflik di Suriah, adalah sayap bersenjata PKK.

Turki telah melakukan tiga serangan di Suriah utara terhadap YPG, termasuk pada tahun 2019, merebut ratusan kilometer tanah. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, telah mengatakan tahun ini bahwa Turki akan kembali menargetkan YPG.

PKK telah memimpin pemberontakan melawan negara Turki sejak 1984 dan lebih dari 40.000 orang tewas dalam bentrokan. Hal ini dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Kecaman atas serangan dan belasungkawa bagi para korban mengalir dari beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, Mesir, Ukraina, dan Yunani.

Otoritas Turki mengaitkan dukungan untuk YPG oleh Washington dan lainnya dengan ledakan itu. Direktur komunikasi kepresidenan, Fahrettin Altun, mengatakan serangan semacam itu “adalah hasil langsung dan tidak langsung dari dukungan yang diberikan beberapa negara kepada organisasi teroris.”

Soylu menyamakan belasungkawa AS dengan "pembunuh yang tiba sebagai salah satu yang pertama di tempat kejadian." (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home