Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:55 WIB | Senin, 26 Oktober 2015

UE Dapat Peringatan Manipulasi Uji Emisi pada 2013

Komisaris Lingkungan Hidup Uni Eropa, Janez Potocnik. (Foto: eesc.europa.eu)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Pejabat tinggi lingkungan Uni Eropa memperingatkan rekan-rekannya bahwa sejumlah perusahaan mobil memanipulasi uji emisi Eropa pada 2013, jauh sebelum penipuan tersebut terkuak bulan lalu, menurut lansiran Financial Times (FT) pada hari Minggu (25/10).

Salah satu skandal terbesar dalam sejarah sektor otomotif tersebut mencuat ke permukaan setelah raksasa produsen mobil Jerman Volkswagen mengakui pihaknya melengkapi 11 juta kendaraannya dengan perangkat lunak yang dirancang untuk memanipulasi uji emisi.

Regulator Uni Eropa menyadari manipulasi uji emisi itu dua tahun lalu tapi tidak memperbaiki celah peraturan tersebut, menurut FT, yang mengutip surat-menyurat antara sejumlah pejabat.

“Ada kekhawatiran besar bahwa (sejumlah produsen mobil) sudah menyesuaikan kinerja kendaraan mereka dengan mengabaikan standar emisi,” tulis Komisaris Lingkungan Hidup Uni Eropa Janez Potocnik kepada Komisaris Kebijakan Industri Antonio Tajani pada Februari 2013, menurut surat kabar tersebut.

Otoritas Amerika Serikat (AS) menuding Volkswagen memasang perangkat yang bisa mengaktifkan kontrol polusi saat mobil menjalani uji emisi dan mematikannya saat dikemudikan, memungkinkan kendaraan mengeluarkan kadar gas yang berbahaya.

Penyelidikan atas manipulasi tersebut sedang berlangsung di sejumlah negara termasuk Prancis, Jerman, Italia, Prancis dan Amerika Serikat. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home