Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:51 WIB | Kamis, 23 Desember 2021

UK Maranatha Bandung Implementasikan Lima Penelitian dari Hibah Kemendikbudristek

UK Maranatha Bandung Implementasikan Lima Penelitian dari Hibah Kemendikbudristek
Tim peneliti yang diketuai Cindrawaty melaporkan perkembangan program pada sesi Seminar Hasil Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021, pada 22 Desember 2021. (Foto-foto: dok. Medkom Maranatha)
UK Maranatha Bandung Implementasikan Lima Penelitian dari Hibah Kemendikbudristek
Gambar rendering visualisasi 3D rancangan bangunan kayu tahan gempa yang sedang dibangun di Kampung Stamplat, Ciwidey hasil penelitian tim yang diketuai Dr. Yosafat Aji Pranata, M.T.
UK Maranatha Bandung Implementasikan Lima Penelitian dari Hibah Kemendikbudristek
Salah satu program yang dilaksanakan oleh UK Maranatha dengan pendanaan hibah Kemendikbudristek adalah pengembangan minuman teh herbal bersama pokja ibu-ibu di Kelurahan Sukagalih, Bandung.

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM-Universitas Kristen (UK) Maranatha Bandung memperoleh hibah dari Kemendikbudristek melalui Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021.

Dari seluruh Perguruanh Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia, ada 110 PTS yang mendapatkan bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjendiktiristek) Kemendikbudristek. UK Maranatha adalah salah satu penerima hibah tersebut pada kategori PTS klaster 2.

“Bantuan dana tersebut akan digunakan untuk penyelenggaraan lima program implementasi penelitian kepada masyarakat,” kata Dr. Teresa Liliana Wargasetia, S.Si., M.Kes., PA(K), selaku Ketua LPPM UK Maranatha, hari Rabu (22/12).

Lima program tersebut adalah:

  1. “Hilirisasi Produk Teh Herbal dengan Kemasan Ramah Lingkungan yang Bermanfaat untuk Kesehatan untuk Meningkatkan Ekonomi UMKM dan Pokja Ibu RumahTangga”, dengan ketua tim peneliti Dr. WahjoeWidowati, M.Si.;
  2. “Bangunan Modular Tahan Gempa untuk Sarana Belajar Anak-Anak Kampung Stamplat, Dusun Ciparay, Desa Indragiri, Kelurahan Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung”, yang diketuai Dr. Yosafat Aji Pranata, M.T.
  3. “Implementasi MBKM dalam Mengembangkan Dusun Stamplat sebagai Desa Mandiri Berbasis Eco-Village”, dengan ketua tim peneliti Cindrawaty, S.T., M.Sc., Ph.D.;
  4. “Implementasi MBKM Berkelanjutan pada Program Studi Eksakta di UK Maranatha”, diketuai Robby YussacTallar, M.T., Dipl.IWRM., Ph.D.;
  5. “Implementasi MBKM Berkelanjutan pada Program Studi Sosial-Humaniora di UK Maranatha”, diketuai Christine DwiKarya, S.E., M.Si., Ak.

Program Berdampak bagi Masyarakat

Teresa mengatakan bahwa bantuan pendanaan yang nominalnya mencapai Rp 1,6 miliar itu akan member dampak yang baik bagi masyarakat. “Melalui program-program itu, akan dapat diketahui dampak program MBKM yang dilaksanakan di UK Maranatha, dan para peneliti UK Maranatha dapat mengimplementasikan hasil penelitian mereka untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Program bantuan pendanaan dari Dirjendiktiristek itu sangat penting bagi kebijakan MBKM dan transformasi pendidikan tinggi. Teresa juga menyebutkan bahwa perolehan hibah tersebut sangat mendukung ketercapaian IKU (Indikator Kinerja Utama) Universitas.

Ia menambahkan,“Hibahini meningkatkan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung peningkatan sosial ekonomi masyarakat.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home