Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:48 WIB | Kamis, 02 November 2023

UK Maranatha Praktikan Kecerdasan Majemuk di SD Kasih Bangsa

Foto: dok. Program Sarjana Sastra Inggris Maranatha

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Tim Mahasiswa Program Sarjana Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Budaya (FBB) Universitas Kristen (UK) Maranatha memberikan pendampingan dalam pembuatan rencana belajar (lesson plan) yang menerapkan konsep kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligences (MI), sebagai metode pengajaran yang lebih mutakhir di SD Kasih Bangsa, Bandung. 

Kegiatan PKM ini dilakukan dalam tiga tahapan. Pertama, mewawancarai para guru bahasa Inggris SD Kasih Bangsa, dan melihat rencana pembelajaran yang selama ini mereka gunakan.

Tahapan kedua adalah memperkenalkan metode dan bahan pembelajaran mengenai konsep MI melalui lokakarya dengan menggunakan buku panduan yang berjudul At the Zoo (2007), buku yang ditulis oleh tim dosen Sastra Inggris Maranatha.

Tahapan terakhir dari kegiatan ini adalah demonstrasi mengajar menggunakan metode Multiple Intelligences kepada siswa-siswi kelas 1 hingga 3 SD Kasih Bangsa.

Demonstrasi mengajar dilakukan selama satu jam pelajaran (35 menit) oleh para mahasiswa yang dibimbing dan diarahkan tiga dosen Sastra Inggris, yaitu Dr. Trisnowati Tanto, M.Hum. yang juga adalah Ketua Kegiatan PKM ini; Maryani, S.S., M.A.; dan Jeanyfer Tanusy, S.S., M.Hum.

Melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan guru-guru SD Kasih Bangsa dapat menggunakan ilmu yang telah diberikan guna mengembangkan berbagai jenis kecerdasan yang dimiliki oleh para siswa.

Para dosen yang terlibat mengatakan bahwa kegiatan ini dapat memberikan perubahan positif. Mereka juga mengungkapkan bahwa guru-guru SD Kasih Bangsa sangat kooperatif dan juga menerima masukan-masukan yang diberikan tim PKM UK Maranatha secara positif.

“Dengan diadakannya kegiatan pengajaran ini, diharapkan kualitas pembelajaran di SD Kasih Bangsa dapat semakin meningkat, tidak terbatas pada mata pelajaran bahasa Inggris saja, melainkan mata pelajaran lainnya,” harap Trisnowati dikutip Kamis (2/11).

Sebanyak sepuluh orang mahasiswa yaitu Janice Arianne, Maria Kristina, Grisella Kristy, Bella Ribka, Ariel, Kaila Darlene, Ferrel, Faishal Amrullah, Vanessa, dan Denny Linggar terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SD Kasih Bunda, Bandung. 

Kegiatan PKM ini sebelumnya berlangsung pada tanggal 6 Oktober 2023 mengangkat tema “Pendampingan Penerapan Multiple Intelligences dalam Pengajaran Bahasa Inggris”.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home