Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 05:48 WIB | Minggu, 19 Juni 2022

Ukraina Akan Bergabung dengan Uni Eropa, Bagaimana Prospeknya?

Seorang perempuan mengibarkan bendera Ukraina yang berdiri di atas tank Rusia yang hancur di Kiev, Ukraina, Jumat, 10 Juni 2022. (Foto: AP/Natacha Pisarenko)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Eksekutif Uni Eropa mendukung pemberian status kandidat keanggotaan formal kepada Ukraina, hari Jumat (17/6). Ini sebuah perubahan politik besar yang disebabkan oleh invasi Rusia.

Komisi membuat rekomendasi yang sama untuk Moldova, tetapi mengatakan Georgia belum siap untuk pencalonan. Ketiga negara memiliki wilayah yang dikuasai kelompok separatis yang didukung oleh Rusia.

Berikut adalah beberapa rintangan yang harus diselesaikan oleh negara-negara bekas Uni Soviet untuk bergabung dengan UE.

Masalah Waktu

Sementara rekomendasi tersebut menandai pergeseran strategis ke timur oleh Uni Eropa dalam menghadapi perang Rusia di Ukraina, Kiev kemungkinan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi anggota UE yang beranggotakan 27 negara, jika itu terjadi.

Ukraina akan diminta untuk melakukan reformasi ekonomi dan politik dan kecil kemungkinan blok itu akan menerima negara dalam keadaan perang.

Pada masa damai, yang dibutuhkan Polandia, tetangga Ukraina dengan ukuran populasi yang sama dan sejarah pemerintahan komunis, 10 tahun sejak mengajukan keanggotaan pada tahun 1994 untuk benar-benar bergabung pada tahun 2004.

Turki, di sisi lain, mendapat status kandidat resmi pada tahun 1999 tetapi saat ini tidak memiliki prospek untuk bergabung.

Pembicaraan keanggotaan berhenti ketika hubungan antara Ankara dan blok itu memburuk, termasuk tindakan keras Presiden Recep Tayyip Erdogan terhadap para kritikus setelah percobaan kudeta 2016, dan contoh lain dari apa yang dikatakan blok itu sebagai erosi demokrasi dan supremasi hukum.

Tawaran keanggotaan UE bagi enam negara Balkan juga telah diperumit dalam beberapa tahun terakhir oleh masalah-masalah termasuk migrasi, kejahatan terorganisir dan ketidaksepakatan timbal balik di wilayah tersebut.

Proses dan Reformasi

Para pemimpin Uni Eropa akan membahas proposal calon anggota Komisi untuk Ukraina selama pertemuan puncak di Brussels pada 23-24 Juni. Mereka semua harus setuju agar status tersebut diberikan secara resmi.

Setelah itu terjadi, Kiev akan memulai negosiasi untuk menyelaraskan undang-undangnya dengan undang-undang Uni Eropa.

“Ukraina telah menerapkan sekitar 70 persen aturan, norma, dan standar UE. Namun pekerjaan penting masih harus dilakukan, pada supremasi hukum, oligarki, anti korupsi dan hak-hak dasar,” kata ketua Komisi, Ursula von der Leyen.

Moldova, negara lain yang sebelumnya dalam pemerintahan komunis yang sekarang berusaha untuk menjauh dari orbit Moskow, berada "di jalur pro reformasi, anti korupsi, dan Eropa yang sesungguhnya," kata von der Leyen, meskipun "perjalanan masih panjang."

Georgia, yang berperang singkat dengan Rusia pada tahun 2008, harus mengatasi polarisasi politik untuk dapat memajukan reformasi yang diperlukan untuk bergerak menuju keanggotaan UE, katanya.

Untuk ketiganya, Komisi merekomendasikan untuk membangun peradilan yang independen serta layanan publik yang berkualitas, memerangi kejahatan terorganisir dan pengaruh berlebihan dari kepentingan pribadi dalam kehidupan publik.

Kemauan Politik

Jika dan ketika semua ini dilakukan, aksesi Ukraina harus disetujui oleh semua pemerintah Uni Eropa dan Parlemen Eropa, yang berarti prosesnya selalu dapat terhenti oleh masalah politik.

Belanda, Prancis, dan Jerman termasuk di antara negara-negara UE yang menentang masuknya anggota baru dalam beberapa tahun terakhir.

Tetapi Kiev mendapat dukungan penting dari Paris dan Berlin, kekuatan utama blok itu, ketika para pemimpin mereka menyatakan di Kiev pada hari Kamis bahwa Ukraina termasuk dalam "keluarga Eropa."

Pada hari Jumat (17/6) pemerintah Belanda mengumumkan akan mendukung status kandidat Uni Eropa Ukraina, menyebut saran Komisi Eropa "kompromi yang cerdas."

“Negara ini masih memiliki banyak pekerjaan rumah,” kata Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, dalam konferensi pers mingguannya.

Momentum geopolitik baru sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari menandai lompatan ke depan bagi Kiev dalam perjalanannya menuju keanggotaan UE, tanpa menentukan hasil akhir.

Perluasan besar terakhir UE adalah pada tahun 2004 ketika delapan negara timur yang sebelumnya komunis, termasuk Negara Baltik, Polandia dan Slovenia, bergabung. Rumania dan Bulgaria menyusul pada tahun 2007.

Kroasia adalah yang terakhir bergabung pada tahun 2013 tetapi blok itu, sejak kalah ketika Inggris pada 2020 menjadi negara pertama yang keluar. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home