Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:31 WIB | Senin, 20 Maret 2023

Ukraina dan Rusia Sepakat Perpanjang Ekspor Biji-bijian

Kapal curah Eaubonne berlabuh di pelabuhan Mombasa, Kenya Sabtu, 26 November 2022. Kesepakatan masa perang yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memungkinkan biji-bijian mengalir dari Ukraina ke negara-negara di Afrika, Timur Tengah, dan Asia di mana kelaparan semakin menjadi ancaman dan harga pangan yang tinggi mendorong lebih banyak orang ke dalam kemiskinan telah diperpanjang, kata para pejabat Sabtu, 18 Maret 2023. (Foto: dok. AP/Gideon Maundu)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Kesepakatan terjadi di tengah perang yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memungkinkan biji-bijian mengalir dari Ukraina ke negara-negara di Afrika, Timur Tengah dan Asia di mana kelaparan.

 Masalah ekspor biji-bijian merupakan ancaman yang berkembang danmenyebabkan  harga pangan yang tinggi mendorong lebih banyak orang ke dalam kemiskinan diperpanjang sebelum berakhirnya kesepakatan, kata para pejabat hari Sabtu (18/3).

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengumumkan perpanjangan itu, tetapi tidak ada yang memastikan berapa lama itu akan berlangsung. PBB, Turki, dan Ukraina telah mendorong perpanjangan selama 120 hari, sementara Rusia mengatakan bersedia menyetujui 60 hari.

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Oleksandr Kubrakov, men-tweet pada hari Sabtu bahwa kesepakatan itu akan tetap berlaku untuk periode empat bulan yang lebih lama. Tetapi juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan kepada kantor berita Rusia, TASS,  bahwa Moskow “setuju untuk memperpanjang kesepakatan selama 60 hari.”

“Setiap klaim yang diperpanjang selama lebih dari 60 hari adalah angan-angan atau manipulasi yang disengaja,” kata wakil duta besar Rusia untuk PBB, Dmitry Polyansky.

Ukraina dan Rusia sama-sama pemasok global utama gandum, jelai, minyak bunga matahari, dan produk makanan terjangkau lainnya yang diandalkan oleh negara-negara berkembang. Dua kapal yang membawa lebih dari 96.000 metrik ton jagung meninggalkan pelabuhan Ukraina pada hari Sabtu menuju China dan Tunisia, menurut data PBB.

Ini adalah pembaruan kedua dari perjanjian yang ditandatangani Ukraina dan Rusia dengan PBB dan Turki Juli lalu untuk mengizinkan pengiriman makanan dari tiga pelabuhan Laut Hitam setelah penghentian pengiriman setelah Rusia menginvasi tetangganya lebih dari setahun yang lalu pada 24 Februari 2022. .

Rusia mengeluh bahwa perjanjian terpisah dengan PBB untuk mengatasi hambatan pengiriman pupuknya yang merupakan bagian dari paket Juli belum membuahkan hasil.

Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat bahwa PBB harus mengakui bahwa pihaknya “tidak memiliki pengaruh untuk mengecualikan operasi ekspor pertanian Rusia dari sanksi Barat,” dan oleh karena itu Rusia hanya akan memperpanjang kesepakatan hingga 18 Mei.

“Jika Brussel, Washington, dan London benar-benar tertarik untuk melanjutkan ekspor makanan dari Ukraina melalui koridor kemanusiaan maritim, maka mereka memiliki waktu dua bulan untuk membebaskan seluruh rantai operasi yang menyertai sektor pertanian Rusia dari sanksi mereka,” kata Nebenzia. “Jika tidak, kami gagal memahami bagaimana konsep paket sekretaris jenderal PBB akan bekerja melalui kesepakatan sederhana ini.”

Komite Penyelamatan Internasional menyatakan kekecewaannya pada hari Sabtu bahwa kesepakatan itu hanya untuk 60 hari, menekankan bahwa negara-negara di Afrika Timur khususnya akan memasuki musim biji-bijian tanpa lemak pada saat berakhirnya bulan Mei, termasuk Somalia yang menerima lebih dari 90% biji-bijiannya dari Ukraina dan dilanda kekeringan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan di ambang kelaparan.

Stéphane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 25 juta metrik ton (sekitar 28 juta ton) biji-bijian dan bahan makanan telah berpindah ke 45 negara di bawah prakarsa tersebut, membantu menurunkan harga pangan global dan menstabilkan pasar.

“Kami tetap berkomitmen kuat pada kedua perjanjian, dan kami mendesak semua pihak untuk melipatgandakan upaya mereka untuk mengimplementasikannya sepenuhnya,” kata Dujarric.

Perang di Ukraina membuat harga pangan melonjak ke rekor tertinggi tahun lalu dan membantu berkontribusi pada krisis pangan global yang juga terkait dengan efek pandemi COVID-19 dan faktor iklim seperti kekeringan.

Gangguan pengiriman biji-bijian yang dibutuhkan untuk makanan pokok di tempat-tempat seperti Mesir, Lebanon, dan Nigeria memperburuk tantangan ekonomi dan membantu mendorong jutaan orang lagi ke dalam kemiskinan atau kerawanan pangan. Orang-orang di negara berkembang menghabiskan lebih banyak uang mereka untuk hal-hal mendasar seperti makanan.

Krisis menyebabkan sekitar 345 juta orang menghadapi kerawanan pangan, menurut Program Pangan Dunia PBB.

Sementara ekpor pupuk macet, Rusia telah mengekspor gandum dalam jumlah besar setelah rekor panen. Angka dari penyedia data keuangan Refinitiv menunjukkan bahwa ekspor gandum Rusia meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 3,8 juta ton pada Januari dari bulan yang sama tahun lalu, sebelum invasi.

Pengiriman gandum Rusia mencapai atau mendekati rekor tertinggi pada bulan November, Desember dan Januari, meningkat 24% dibandingkan tiga bulan yang sama tahun sebelumnya, menurut Refinitiv. Diperkirakan Rusia akan mengekspor 44 juta ton gandum pada 2022-2023. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home