Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 14:31 WIB | Jumat, 04 April 2014

Ukraina Larang Peredaran Produk Permen, Keju dan Ikan Rusia

Produk Rusia yang dilarang beredar di Ukraina. (Foto: ria.ru)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Pengawas hak konsumen Ukraina menarik sejumlah produk buatan Rusia dari pasar, seperti permen, keju, dan produk ikan, pada hari Kamis (3/4).

Langkah yang menargetkan ini dilakukan terhadap produk yang dibuat oleh pabrik-pabrik Rusia yang paling terkenal, seperti ciklat dari pabrik Krasny Oktyabr, Rot Front dan Babayevsky Concern. Produk mereka diperintahkan oleh Oleh Tyahnybok, anggota dari pemerintah Ukraina baru dan pemimpin Partai Svoboda.

Ukraina juga telah melarang produk ikan yang dibuat di wilayah Kaliningrad, Rusia bagian barat, serta keju yang diproduksi oleh Laktalis Istra di wilayah Moskow. Hal itu dilakukan setelah ada laporan pemeriksaan produk.

Pengawas keamanan pangan Rusia menolak langkah Ukraina hari Kamis itu, dan mengatakan hal itu sebagai melanggar hukum dan prosedur pemeriksaan laboratorium internasional. Ditambahkan bahwa Ukraina belum secara resmi menginformasikan  larangan produk Rusia itu.

"Produsen Rusia dan badan pengawas telah menerima pesan resmi tentang sanksi  itu," kata Rosselkhoznadzor.

Sebelumnya, Rusia melarang impor dari pembuat permen terbesar Ukraina, Roshen, pada akhir Juli lalu, dan mengatakan telah menganalisis sampel produk yang diketahui gagal mematuhi peraturan sanitasi.

Hak-hak konsumen Rusia sebelumnya memberlakukan larangan pada pasokan keju dari Ukraina atas kegagalan mereka untuk memenuhi standar makanan Rusia. (ria.ru)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home